Tidak Perlu Fotocopy Lagi, E-KTP Bakal Pindah ke Handphone

Zudan Arif Fakrulloh
Dirjen Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh. (Foto:Pelopor/Youtube Bergeloralah)

Pelopor.id| Jakarta – Dirjen Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh memastikan bahwa KTP Elektronik yang kita miliki saat ini akan segera dipindahkan ke handphone.

“Sehingga kalau kemana-mana tidak perlu fotocopy lagi. Tinggal tunjukkan handphone kita. Nah kalo sudah berjalan, kita insyaAllah akan menjadi salah satu negara dengan identitas digital tercanggih didunia,” ungkapnya melalui Youtube Channel Bergeloralah seperti dikutip pelopor.id, Rabu, 30 Juni 2021.

“Indetitas digital itu, adalah nama kita sudah bisa kita masukkan ke dalam QR Qode dan di dalamnya bisa nanti di handphone kita dimasukkan seperti KTP kita tapi berupa file, berupa foto yang persis seperti KTP.”

Selanjutnya dengan identitas digital tersebut, lanjut Zudan, pihaknya akan berusaha semampunya untuk memberikan keamanan atau ciber security.

Bacaan Lainnya

“Di awal tahun 2010 kita membuat KTP elektronik. KTP elektronik ini sudah sangat berfungsi bagus karena menunggalkan penduduk ganda.,” tegasnya.

Nah sekarang menurut Zudan, setelah penduduk Indonesia itu lebih dari 70% memiliki smartphone maka kita sudah saatnya bergerak dari KTP elektronik menuju identitas digital serta identitas digital.

“Indetitas digital itu, adalah nama kita sudah bisa kita masukkan ke dalam QR Qode dan di dalamnya bisa nanti di handphone kita dimasukkan seperti KTP kita tapi berupa file, berupa foto yang persis seperti KTP,” tandasnya.

Baca Juga :   Kronologis OTT KPK Terkait Dugaan Korupsi Perkara di MA

Sehingga, kita tidak perlu lagi KTP yang ada di dompet karena KTP El kita pindahkan di handphone. Jadi lanjut Zudan, kalau kemana-mana tidak perlu fotocopy.

Tetapi, lantaran di Indonesia belum semuanya bisa digital karena memang ada daerah-daerah yang sinyalnya susah, atau nggak punya handphone, maka KTP-el tetap boleh dicetak. []

Pos terkait