Joncik Muhammad Jadikan Empat Lawang Daerah Pencanangan Desa Cantik Pertama di Sumsel

Joncik Muhammad
Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad. (Foto:Pelopor/Pemkab Empat lawang)

Pelopor.id | Jakarta – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, berhasil menjadikan daerah yang dipimpinnya sebagai yang pertama mencanangkan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) di Sumatera Selatan.

Pencanangan Desa Cantik, ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama serta pendataan antara Pemkab Empat Lawang oleh BPS Kabupaten Empat Lawang di ruang rapat Madani yang disaksikan langsung oleh Kepala BPS Provinsi Sumsel.⁣ Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana.

“Sehingga tidak ada lagi data bantuan sosial yang tidak tepat sasaran, karena datanya sudah akurat, sehingga Empat Lawang Madani akan terwujud.”

⁣Joncik menjelaskan, dari puluhan ribu Desa/Kelurahan di Indonesia, hanya dipilih 100 Desa untuk program Desa cantik. Sedangkan dari Sumsel, hanya 4 Desa saja yang beruntung dan Empat Lawang menjadi salah satunya.

Bacaan Lainnya

“Dengan program ini diharapkan agar para aparatur Desa yang ada di Empat Lawang lebih mampu memahami statistik, sekaligus dapat menjadi pelopor untuk melahirkan komunitas cinta statistik di setiap Desa yang ada di Empat Lawang,” tutur Joncik Selasa (15/6/2021).

Joncik juga menerangkan bahwa Empat Lawang menjadi daerah yang dipilih oleh Kepala BPS Provinsi Sumsel Zulkipli sebagai Kabupaten pertama yang ia kunjungi setelah dilantik.

Joncik Muhammad
Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad. (Foto:Pelopor/fahlevi/koransn)

Oleh sebab itu, hal tersebut harus dibalas dengan menjadi Kabupaten pertama yang melakukan MoU dalam rangka penyuksesan pendataan Desa.

”Baik pendataan Desa cantik (Desa Cinta Statistik), Pendataan PODES (Potensi Desa), maupun pendataan SDGs Desa,” tegas mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatra Selatan Fraksi PAN tersebut.

Menurut Bupati, program-program itu merupakan salah satu langkah Quick Win atau program tindak cepat untuk mimpi besar dalam sistem data Empat Lawang.

Baca Juga :   Uang Donasi Rp 2 Triliun Belum Cair, Polisi Periksa Anak Akidi Tio 9 Jam

Sebab, diharapkan untuk kedepannya Empat Lawang bisa memiliki data yang realtime sehingga Empat Lawang sudah punya data yang akurat.



”Sehingga tidak ada lagi data bantuan sosial yang tidak tepat sasaran, karena datanya sudah akurat, sehingga Empat Lawang Madani akan terwujud,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPS Provinsi Sumsel Zulkipli (Kominfo) turut menambahkan, bahwa dalam Desa cantik, seluruh unsur data akan dipasang sehingga Desa cantik ini akan terus berkembang.

“Apa yang jadi kebutuhan Pemerintah Daerah dalam pembangunan akan di masukan dalam sistem Desa cantik,” tandasnya. []