Kemenparekraf Gandeng Netflix Promosikan Pariwisata dan Pengembangan Film Tanah Air

- Editor

Selasa, 6 September 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pelopor.id | Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggandeng Netflix dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan film di Indonesia. Kerja sama itu, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak yang disaksikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dan Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix Dean Garfield, Selasa (06/09/2022) di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Kerja sama tersebut, mencakup pembuatan ragam konten yang mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Mulai dari destinasi pariwisata, kuliner, produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia, serta cerita-cerita lokal yang autentik yang akan membuka jendela dunia untuk Indonesia.

Menparekraf berharap, kerjasama ini tidak hanya mempromosikan pariwisata Indonesia dalam semangat kolaborasi tapi juga mengangkat sektor ekonomi kreatif khususnya subsektor film. Sebab dua sektor ini, pariwisata dan ekonomi kreatif berpotensi mendorong target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

“Saya berharap kerjasama ini juga akan jadi satu momentum kita untuk mempercepat pemulihan dan kebangkitan yang lebih kuat,” tutur Sandiaga.

Dalam kerja sama ini Netflix secara resmi merilis video promosi untuk kampanye Wonderful Indonesia. Video promosi tersebut berisi kompilasi klip dari berbagai konten original Netflix yang menayangkan pemandangan destinasi pariwisata, kuliner, dan produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kemudian pada tahun mendatang, kampanye Wonderful Indonesia ini juga akan dilanjutkan dengan kegiatan aktivasi dan konten daring lainnya guna mendorong minat internasional dan domestik untuk kembali berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga :   Bebas Karantina dan Visa on Arrival Diperluas ke Seluruh Indonesia

Kerja sama ini juga diluncurkan tepat setelah pengumuman terbaru dari Netflix terkait sederet film dan serial Indonesia yang akan datang di Netflix, yang diharapkan dapat meningkatkan industri kreatif lebih baik lagi.

Sejumlah tayangan terbaru tersebut adalah film aksi komedi pertama Timo Tjahjanto, “The Big 4”; serial drama “Gadis Kretek” dari produser Shanty Harmayn serta sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah dan serial sci-fi thriller “Nightmares and Daydreams” dari sutradara Joko Anwar.

Kemudian film coming-of-age berjudul “Dear David” dari sutradara Lucky Kuswandi; komedi situasi unik “Klub Kecanduan Mantan” karya Salman Aristo; “Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti” dari sutradara Angga Dwimas Sasongko; serial “Komedi Kacau” dari penulis-sutradara Raditya Dika; dan sebuah proyek seru dari penulis-sutradara Ernest Prakasa.

Baca Juga :   Wapres Ma'ruf Amin: Pemerintah Targetkan Kemiskinan Ekstrem Berkurang 1 Persen Tiap Tahun

Menparekraf Sandiaga berharap ke depan ada lebih banyak cerita-cerita lokal yang diangkat sehingga akan secara efektif mengangkat pariwisata Indonesia. Sebab menurutnya, Kekuatan film sebagai sarana promosi pariwisata tanah air terbukti efektif seperti film “Laskar Pelangi” yang mengangkat citra pariwisata Belitung, “Eat, Pray, Love” yang mengangkat citra pariwisata Bali, dan masih banyak lagi lainnya.

“Kita harapkan akan lebih banyak lagi nanti yang bisa kita kolaborasikan baik kebijakan yang akan mendorong kesempatan konten Indonesia lebih mampu untuk ditampilkan di Netflix yang menjangkau 220 juta members di 190 negara,” tegas Sandiaga. []

Baca Juga :   Vespa World Days 2022 Bali, Event Pertama di Luar Eropa
Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kebut Jargas Bintaro, PGN Aliri Gas Kebayoran Villas dan Terrace
TIDAR di Bawah Rahayu Saraswati: Fokus pada Kemandirian Ekonomi dan Kepemimpinan Pemuda
Layanan Transfer Antar-Bank via RTOL melalui JakOne Mobile Bank DKI Telah Normal
Crayon Cosmos Kembali dengan Single Percuma
Bagikan Dividen Rp249,31 Miliar, Bank DKI Siap Bertransformasi Melalui IPO
Weak Hero Class 2 : Si Penyendiri Mulai Punya Teman
Rahayu Saraswati Serahkan Formulir Caketum TIDAR Periode 2025-2030
Bank DKI Ajak Publik Tunggu Hasil Forensik Digital Bareskrim Terkait Perkembangan Pemulihan Sistem

Berita Terkait

Kamis, 22 Mei 2025 - 16:37 WIB

Lirik Lengkap Lagu Local Wisdumb Milik AMIS

Rabu, 21 Mei 2025 - 18:37 WIB

Audrey Anggoro Rilis Single Mati Rasa, Lagu Penuh Emosi tentang Luka dan Ketahanan

Rabu, 21 Mei 2025 - 17:58 WIB

Asrilia dan Ardhita Pamer Karya di Program Musik Main-Main di Cipete Episode 13

Selasa, 20 Mei 2025 - 17:19 WIB

Foo Fighters Bakal Konser di Jakarta pada 2 Oktober 2025

Jumat, 16 Mei 2025 - 18:11 WIB

Solois Asal Tangerang, Azel Rilis Single Debut Perfect Charm

Jumat, 16 Mei 2025 - 17:08 WIB

Nama Grup Band Kotak Tetap Milik Cella, Tantri, dan Chua Usai Gugatan Banding Ditolak Pengadilan

Jumat, 16 Mei 2025 - 14:51 WIB

Kirana Setio Berbagi Panggung dengan Pitahati di Main-Main di Cipete Episode 12

Rabu, 14 Mei 2025 - 16:18 WIB

Kamila Batavia Hadirkan EP Perdana The Scent of Camellias

Berita Terbaru

Penyanyi solo, AMIS. (Foto: Istimewa)

Musik

Lirik Lengkap Lagu Local Wisdumb Milik AMIS

Kamis, 22 Mei 2025 - 16:37 WIB

Ilustrasi Bank DKI. (Foto: Istimewa)

Ekonomi Bisnis

Bank DKI Menyikapi Proses Hukum Terkait Kredit kepada PT Sritex

Kamis, 22 Mei 2025 - 15:50 WIB