Rekor, Tesla Jual 70.847 Mobil Produksi Tiongkok

0
Supercharger milik Tesla. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Perusahaan milik Elon Musk, Tesla Inc tercatat menjual 70.847 mobil produksi Tiongkok sepanjang Desember 2021. Angka itu berdasarkan data Asosiasi Mobil Penumpang China atau China Passenger Car Association (CPCA).

Asosiasi juga menyebutkan bahwa angka itu sekaligus menunjukkan tingkat bulanan tertinggi, sejak Tesla mulai memproduksi di Shanghai pada 2019, seperti dikutip dari Reuters. Pabrik di Shanghai itu memproduksi sedan listrik Model 3 dan kendaraan sport Model Y untuk pasar domestik dan internasional, termasuk Jerman dan Jepang.

Pasalnya, penjualan Tesla di bulan Desember 2021 itu, termasuk 245 unit untuk ekspor, hampir tiga kali lipat dari jumlah pada periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan jika dibandingkan bulan November, capaian itu tumbuh 34 persen.

Menurut perhitungan Reuters, dengan adanya capaian bulan Desember, maka total penjualan Tesla di Tiongkok pada tahun lalu telah mencapai 473.078 unit.

Pasar kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Tiongkok didominasi oleh merek domestik, seperti BYD dan Wuling, merek lokal yang merupakan bagian General Motors. Tesla sendiri merupakan produsen kendaraan listrik merek asing yang berada di 10 besar di Tiongkok, menurut konsultan Automobility yang berbasis di Shanghai. []