India Menjerit Diserang Badai Omicron

0
Ilustrasi Omicron
Ilustrasi Omicron. (Foto:Pelopor.id/Pixabay/geralt)

Pelopor.id – India diserang badai varian Covid-19 Omicron. Otoritas kesehatan setempat pada Senin, (10/1/2022) melaporkan bahwa kasus corona di negeri Bollywood itu mencapai 179.723 kasus dalam 24 jam terakhir. Lonjakkan kasus yang fantastis ini, disebut hampir 8 kali lipat dari tambahan kasus harian sejak awal tahun ini.

Sehingga total kasus Corona di India kini mencapai 35,7 juta kasus atau angka tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS). Kasus baru covid-19 itu, mayoritas terdeteksi di kota-kota besar seperti New Delhi, Mumbai dan Kolkata. Omicron kini disebut telah menggantikan varian Delta.

Otoritas kesehatan India, pada Senin (10/1/2022) waktu setempat juga melaporkan adanya tambahan 146 kematian dalam sehari. Sehingga total 483.936 kematian akibat Covid-19 sejak pandemi melanda India di awal tahun 2020. Angka kematian ini, hanya bisa dikalahkan oleh AS dan Brasil.

Di sisi lain namun pada hari yang sama, Para petugas kesehatan dan pekerja garis depan bersama dengan orang-orang di atas usia 60 dengan masalah kesehatan mengantre di pusat-pusat vaksinasi di berbagai penjuru India untuk menerima dosis ketiga vaksin Covid-19.

Di negara ini, dosis ketiga vaksinasi tersebut tidak disebut sebagai booster, melainkan suntikan “pencegahan” yang diberikan ketika kasus infeksi virus corona dikonfirmasi meroket. []