Honda Berencana Dirikan Pabrik Kendaraan Listrik di Tiongkok

0
Ilustrasi mobil listrik. (Foto: Pelopor.id/Unsplash)

Pelopor.id | Honda Motor (China) Investment Co. Ltd, anak usaha Honda di Tiongkok, mengumumkan bahwa Dongfeng Honda Automobile Co. Ltd akan membangun pabrik kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) sebagai persiapan memperluas jajaran EV di masa depan.

Pabrik tersebut akan berdiri di Zona Pengembangan Ekonomi Wuhan di Hubei, Tiongkok, dengan luas 630.000 meter persegi. Targetnya, produksi bisa dimulai pada tahun 2024 mendatang, dengan kapasitas produksinya mencapai 120.000 unit per tahun, seperti dikutip dari rilis pers di situs Honda Indonesia.

Pabrik baru ini akan melakukan proses lengkap untuk memproduksi EV, termasuk stamping, pengelasan, pengecatan, perakitan dan inspeksi kendaraan lengkap.

Pabrik baru Honda di Tiongkok ini juga akan mengusung teknologi ramah lingkungan, yang mencakup pemanfaatan sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya menuju realisasi netralitas karbon, penggunaan air daur ulang dan langkah-langkah konservasi sumber daya lainnya.

Dalam keterangan tertulis itu, Honda juga menyatakan berkomitmen terus mempercepat upaya elektrifikasi menuju realisasi netralitas karbon pada 2050. []