Toyota Akan Rilis Platform Perangkat Lunaknya Sendiri

0
Ilustrasi logo Toyota. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corp, berencana meluncurkan sistem operasinya sendiri pada tahun 2025 mendatang. Sistem tersebut akan mampu menangani operasi lanjutan, seperti mengemudi secara otonom untuk kendaraan Toyota.

Seperti diketahui, perangkat lunak atau software saat ini peranannya sangat besar dalam kendaraan. Misalnya untuk mengendalikan baterai dan motor listrik, navigasi, hiburan atau sound system hingga menjalankan system kemudi otonom.

Mengutip laporan Nikkei, Toyota menargetkan bisa menempatkan sistem operasi di kendaraannya sendiri pada tahun 2025, dengan rencana membuatnya tersedia untuk afiliasi seperti Subaru di masa mendatang.

Selain sistem operasi, Toyota juga saat ini sedang mempertimbangkan model lisensi untuk membuat Arene tersedia bagi produsen mobil lain dan perusahaan yang mengerjakan mobil listrik atau mobil dengan sistem kemudi otonom.

Platform perangkat lunak otomotif Toyota Arene akan bersaing dengan rivalnya dari Jerman, Volkswagen AG dan Daimler AG.

Kini, Volkswagen tengah mengerjakan perangkat lunak ‘VW.OS’ dan Daimler berencana meluncurkan ‘Sistem Operasi Mercedes-Benz’ di mobilnya pada tahun 2024. []

Baca juga: Toyota Benamkan Investasi US$ 70 Miliar di Mobil Listrik Hingga 2030