LG Energy Solution Akan Gelar IPO Terbesar di Korea Selatan

0
Ilustrasi produk baterai. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Produsen baterai asal Korea Selatan, LG Energy Solution (LGES), siap melakukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO), dengan target dana USD 10,8 miliar.

Jika terealisasi, IPO ini akan menjadi yang terbesar di Korea Selatan, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Samsung Life Insurance pada 2010.

Baca juga: LG Energy Solution Berencana IPO Januari 2022

Rencananya, saham tersebut akan dijual dalam kisaran harga 257.000 won – 300.000 won atau sekitar USD 216,19 – USD 252,36 per lembar, seperti dikutip dari Reuters.

Perusahaan akan melepas 34 juta saham perdana dan induk usahanya, LG Chem Ltd, akan menjual 8,5 juta saham sekunder dalam IPO tersebut.

Baca juga: China Mobile Incar Dana IPO Hingga USD 8,8 Miliar

Berdasarkan term sheet, LGES dijadwalkan mulai berdagang di KOSPI pada 27 Januari. Pemegang saham institusional akan diberikan 55 – 75 persen dari saham yang ditawarkan, tergantung pada langganan ritel dan rencana kepemilikan saham karyawan.

Nantinya, sebagian besar hasil IPO akan digunakan untuk membayar utang perusahaan dan juga memperluas fasilitas produksi LGES yang sudah ada. Saat ini LGES tercatat memasok baterai ke sejumlah produsen mobil, seperti Tesla, General Motor dan Hyundai Motor. []

Baca juga: Volvo Bersiap IPO untuk Danai Proyek Mobil Listrik