WHO Optimistis Pandemi Covid-19 Berakhir Tahun 2022

0
Logo Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) optimistis pandemi Covid-19 bisa berakhir pada tahun 2022. Namun, menurut Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, pengendalian pandemi hanya bisa terjadi jika negara-negara tidak menimbun vaksin Covid-19.

Ghebreyesus melihat banyak negara kaya yang saat ini sudah menyuntikkan booster vaksin Covid-19, ketika masih sangat banyak negara miskin yang belum dapat vaksin sama sekali.

Baca juga: WHO Kasih Persetujuan Vaksin Darurat Covid-19 untuk Nuvaxovid

“Penimbunan vaksin oleh beberapa negara telah merusak kesetaraan dan menciptakan kondisi ideal untuk munculnya varian Omicron,” ucapnya seperti dikutip dari BBC.

Menurutnya, semakin lama ketidaksetaraan vaksin ini berlanjut, maka semakin tinggi pula risiko virus Corona berkembang dengan cara yang tidak dapat dicegah atau prediksi. WHO pun yakin, jika hal ini bisa diatasi, maka pandemi akan berakhir.

Baca juga: Cegah Omicron, Kedatangan Turis Asing Jalur Vaksin Ditunda

Beberapa waktu lalu, WHO juga menyampaikan bahwa dunia sebenarnya sudah memiliki ‘senjata’ yang ampuh untuk melawan Corona. Meluasnya kembali Covid-19 akibat varian Omicron menjadi tanda bahwa pemerataan vaksinasi harus segera dijalankan supaya mutasi tidak muncul lagi. []

Baca juga: Australia Laporkan Kematian Pertama Pasien Omicron