Presiden AS Joe Biden Cabut Larangan Perjalanan dari Afsel

0
Ilustrasi bandara. (Foto: Pelopor.id/Unsplash)

Pelopor.id | Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden resmi mencabut larangan perjalanan dari Afrika Selatan (Afsel) dan sejumlah negara lain, mulai Jumat (31/12/2021) pukul 00.01 waktu Washington.

Keputusan itu diambil Biden setelah menerima rekomendasi dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Biden mengatakan, para peneliti AS bekerja sama dengan para ilmuwan Afsel dan membuat kemajuan yang substansial dalam memahami varian Omicron. Sebelumnya, kasus Omicron diduga telah memicu lonjakan rawat inap pasien anak di sejumlah rumah sakit di New York.

“Pakar kesehatan telah menetapkan bahwa orang yang divaksinasi Covid-19 terhindar dari penyakit parah,” ujar Biden seperti dikutip dari AFP, Selasa (29/12/2021).

Baca juga: Australia Laporkan Kematian Pertama Pasien Omicron

Seperti diketahui, kasus Covid-19 varian Omicron pertama kali terdeteksi di Botswana, Afrika, yang kemudian menyebar ke sejumlah wilayah, termasuk Afrika Selatan. Setelah itu, sejumlah negara pun berbondong-bondong menutup pintunya untuk Afrika, seperti AS, Inggris, Jepang, Malaysia dan Singapura.

Hal itu pun membuat Pemerintah Afrika Selatan merasa seperti dikucilkan dan dihukum. Padahal, mereka melaporkan kasus Omicron untuk pencegahan dan dianggap penting sebagai pengetahuan. []

Baca juga: 448 Kasus Omicron Terdeteksi di Singapura