Bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu Akan Jalani Tes Wawancara

0

Pelopor.id | Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memulai tes wawancara kepada 48 bakal calon. Mereka terdiri dari 28 pelamar anggota KPU dan 20 pelamar anggota Bawaslu. Sebelumnya, mereka telah mengikuti tes psikologi lanjutan atau dinamika kelompok yang menjadi bagian dari tahapan seleksi.

Tes wawancara ini berlangsung selama 26-30 Desember 2021 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selain tes wawancara, bakal calon anggota KPU dan Bawaslu secara simultan juga akan mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, yang dimulai dari 27-30 Desember 2021.

Ketua Timsel Juri Ardiantoro menjelaskan, setiap peserta akan menjalanin tahapan tes wawancara selama sekitar satu jam. Terkait hal itu, para peserta diharapkan dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

“Pertimbangkan betul waktu yang ada untuk menyampaikan hal-hal yang secara substantif dapat ditanggapi oleh Tim Seleksi,” kata Juri saat membuka tes wawancara, Minggu (26/12/2021).

Juri menjelaskan, Timsel juga akan melakukan pendalaman terhadap hal-hal disampaikan peserta pada tahap wawancara. Terutama, menyangkut permasalahan personal, baik berkaitan dengan keluarga maupun tindakan kesusilaan yang tidak bisa ditanyakan di ruang publik.

Tes wawancara ini juga ditayangkan secara virtual melalui kanal Youtube “Timsel KPU BAWASLU”, sehingga dapat disaksikan oleh publik. []

Baca juga: Mardani Ali Sera Soal Ide Tunda Pemilu ke 2027: Tidak Baik Bagi Demokrasi