AMD Tambah Harga Pembelian Wafer Silikon GlobalFoundries

0
Ilustrasi produk AMD. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Produsen chip, Advanced Micro Devices (AMD) mengubah kesepakatannya dengan GlobalFoundries, untuk membeli komponen wafer silicon senilai USD 2,1 miliar dari 2022 hingga 2025. Wafer adalah cakram silikon besar tempat chip komputer dibuat.

Sebelumnya pada Mei 2021 lalu, AMD setuju membeli chip senilai USD 1,6 miliar dari GlobalFoundries dalam jangka waktu antara tahun 2022 dan 2024, seperti dikutip dari Reuters.

GlobalFoundries memang telah memasok AMD sejak 2009, mengingat, di tahun tersebut AMD menghentikan operasi pabrik chipnya. Namun, pada 2018, GlobalFoundries memutuskan berhenti mengejar teknologi pembuatan chip terdepan.

Sejak saat itu, AMD telah beralih ke Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) untuk memasok bagian paling penting dari prosesor komputernya yang disebut “chiplet.”

Meskipun TSMC telah menjadi pemasok utamanya, AMD masih mengandalkan beberapa komponen dari GlobalFoundries untuk menyatukan chipnya.

AMD dikenal sebagai vendor terbesar yang memproduksi prosesor dengan kualitas yang sama baiknya dengan Intel. Prosesor yang diproduksi pada kedua vendor ini memiliki bentuk fisik yang berbeda atau bisa dibedakan dengan istilah soket.

AMD yang berbasis di Sunnyvale, California, tercatat pernah memproduksi chip terbesar kedua di dunia dengan jenis X86. []

Baca juga: Krisis Chip Global, Samsung Buka Pabrik di Texas AS