SoftBank Ventures Asia Investor Utama Startup Pembayaran Digital Chai

0
Ilustrasi pendanaan. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | SoftBank Ventures Asia (SBVA) resmi menjadi investor utama atau lead investor dalam putaran pendanaan Seri B+ Chai, yang merupakan salah satu platform solusi pembayaran di Asia.

Mengutip Reuters, SBVA bersama Nyca Partners memimpin putaran sebesar USD 45 juta, dengan partisipasi tambahan oleh investor lain, seperti Conductive Ventures, Samsung NEXT, B Capital, Nordstar Capital dan KT Investment.

Rencananya, Chai akan menggunakan pendanaan tersebut untuk memperluas jejaknya di Asia Tenggara. Potensi pasar Asia Tenggara sangat besar, karena lanskap pembayaran di kawasan ini masih sangat terfragmentasi, terutama di segmen usaha kecil dan menengah (UKM).

Salah satu target ekspansi Chai adalah Indonesia, lantaran memiliki pertumbuhan ekonomi digital yang tinggi. Selain itu, pandemi juga telah mempercepat adopsi pembayaran digital di antara konsumen dan toko/pedagang di Indonesia.

Pada 2025, Indonesia diprediksi menguasai pasar ekonomi digital Asia Tenggara, dengan nilai transaksi mencapai USD 146 miliar.

Di pasar Indonesia, SoftBank Ventures Asia (SBVA) merupakan investor unicorn Ajaib dan Super, platform social commerce. Pada tahun 2021, SBVA menanamkan investasi ke pengembang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) VoyagerX yang berbasis di Korea Selatan, dan juga Youibot yang merupakan robot seluler dan penyedia solusi di Tiongkok. []

Baca juga: Startup Tiongkok Haomo.AI Raih Pendanaan USD 157 Juta