Sah! Balap Formula E Digelar di Ancol

Pelopor.id – Ketua Pelaksana Harian Formula E, Ahmad Sahroni, akhirnya mengumumkan, lokasi sirkuit balap Formula E akan dilaksanakan di Ancol, Jakarta Utara, Juni tahun depan.

Sahroni mengatakan, keputusan Ancol diambil setelah FIA dan FEO menyetujuinya dari lima lokasi alternatif sebelumnya.

Alasan dipilihnya Ancol lantaran lokasi yang dinamis. Terlebih, ketika lokasi itu dinilai penyelenggara ikonik Jakarta dan tidak mengganggu jalan serta prasarana lainnya.

Bacaan Lainnya

Lokasi ini akan menjadi salah satu lokasi terbaik di ajang Formula E. Terlebih, ketika ada lintasan naik turun dan sudut cepat serta lambat, disertai dengan 13 tikungan. Untuk lintasannya, sudah 60 persen siap, hanya sisanya yang akan dibangun.

Formula E
Anies Baswedan meninjau balap mobil Formula E di Brooklyn, Amerika Serikat. (Foto:Pelopor.id/Instagram/@aniesbaswedan)

Sebelumnya Jakarta sudah dipastikan menjadi tuan rumah salah satu seri balapan Formula E 2020 pada 2019 silam. Tetapi, pandemi Covid-19 yang melanda membuat penyelenggaraan Formula E seriJakarta pada 2020 dibatalkan.

Kemudian Oktober 2021, Jakarta kembali ditetapkan sebagai tuan rumah salah satu seri Formula E 2022. Rencananya, Jakarta akan jadi Tuan Rumah seri balapan tersebut Juni mendatang.

Awalnya balapan tersebut akan berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas), namun lokasinya kini berubah. Formula E sendiri adalah ajang balapan mobil listrik. Balapan ini sudah dimulai sejak musim 2014/2015 silam. []

Baca Juga :   Komisi VII: Pemerintah Tak Pernah Miliki Rencana Gas Elpiji Subsidi Tepat Sasaran

Pos terkait