Nike Amerika Berencana Fokus Jualan Online

0
Ilustrasi salah satu produk sepatu Nike. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Produsen sepatu olahraga, Nike, berencana fokus pada penjualan online dan tidak lagi memasarkan produknya ke toko-toko di Amerika Serikat. Beberapa waktu lalu, Nike juga mengumumkan berhenti menjual produknya ke DSW (Desainer Shoe Warehouse), mulai tahun 2022.

Sejak 2017 lalu, Nike juga telah memangkas jumlah pengecer tradisional secara signifikan, untuk meningkatkan keuntungan dan memperketat kendali atas produk yang dipasarkan.

Chief Financial Officer Nike Matthew Friend mengatakan, Nike meraih keuntungan lebih dari dua kali lipat setelah menjual barang di situs web dan toko fisiknya sendiri, dibanding sebelumnya ketika Nike menjual produk lewat mitra grosir.

“Produk-produk Nike yang dijual di retail telah berkurang sebanyak 50% sejak strategi itu diberlakukan pada 2017,” ujar Friend seperti dikutip dari CNN, Jumat (10/12/2021).

Selain dapat mengendalikan harga pasar dengan lebih ketat lagi, itu juga keuntungan besar bagi merek premium seperti Nike yang ingin menyajikan produk bagi pelanggan dengan cara yang menarik dan konsisten, serta mencegah potongan harga terlalu banyak.

Di sisi lain, Nike adalah salah satu pemasok barang atletik terbesar DSW, yang menyumbang sekitar 7% dari penjualan DSW pada 2020. Meski kehilangan Nike, DSW yakin masih mampu menambah pendapatan dengan menumbuhkan merek atletik lainnya.

Sementara itu, Rival Under Armour dan Adidas mulai mengikuti jejak Nike. Kedua perusahaan itu menarik diri dari mitra ritel dan mulai membangun sistem penjualan secara langsung ke konsumen. []

Baca juga: Pabrik Pembuat Sepatu Nike di Vietnam Kembali Beroperasi Penuh