Separuh Pulau Lombok Banjir Akibat Hujan Lebat Seharian

0
Lombok Banjir
Separuh Pulau Lombok Banjir Akibat Hujan Lebat Seharian. (Foto:Pelopor.id/Hasan)

Pelopor.id – Cuaca ekstrim, melanda berbagai kawasan di Indonesia, termasuk Lombok-Sumbawa. Musibah banjir pun melanda hampir seluruh Pulau Lombok, setelah seharian wilayah tersebut diguyur hujan lebat.

“Dari subuh saya terjebak di Kebon Roek dan tidak bisa pulang. Sudah 3 jam di sini. Banjir pak….”

“Warga yang melintas di jalur alternatif Jalan Pemuda waspada karena ada pohon tumbang. Yang melintas di kawasan Sweta harap hati-hati. Terjadi genangan air cukup besar yang menyebabkan banjir. Air sudah seperti kolam. Gunakan jalur aman jika terpaksa melintas di kawasan itu,” tutur Irwan, seorang warga yang terjebak macet akibat banjir, Senin, 6 Desember 2021.

Informasi lain dari warga setempat juga disampaikan Pardi, yang tengah melintas di kawasan Brawijaya dan Jalan Sriwijaya.

“Jalur alternatif ditutup karena banjir setinggi lutut orang dewasa. Tolong jangan melintas di areal ini,” sebutnya.

Selain itu, jalur Utara di kawasan Gunung Sari juga macet parah. Salah seorang pengendara bernama Iskandar mengaku terjebak macet akibat banjir sejak pukul 6 pagi. Ia menyampaikan bahwa genangan air, menutupi seluruh badan jalan dan melampaui tinggi trotoar. Pengguna jalan kesulitan mengenal batas bahu jalan dan rawan kecelakaan.

Baca juga :

Kemudian di kawasan pasar tradisional Kebon Roek-Ampenan yang kondisinya tak kalah memperihatinkan. Genangan air setinggi lutut melanda kawasan ini. Sebagian warga tak mampu hindari genangan air terpaksa berlindung di tempat yang aman.

“Dari subuh saya terjebak di Kebon Roek dan tidak bisa pulang. Sudah 3 jam di sini. Banjir pak…,” sebut salah satu warga, Zuleha yang terjebak banjir.

Sementara BMKG, sebelumnya telah mengingatkan warga agar hati-hati dan waspada terhadap terjadinya cuaca buruk di sebagian wilayah Indonesia. Termasuk NTB, masuk dalam radar peringatan waspada cuaca buruk, banjir dan gempa.

Warga diingatkan waspada terhadap kemungkinan terjadi dampak sekunder dari cuaca buruk seperti lahar dingin, banjir rob, gempa, kecelakaan di laut hingga pohon tumbang. []

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pelopor Berita (@peloporberita)