Malam Tahun Baru, Polisi Gelar CFN Mulai Pukul 19.00 WIB

0
Ilustrasi kondisi jalanan di salah satu kawasan Jakarta. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Polda Metro Jaya akan menggelar crowd free night (CFN) pada malam Natal dan Tahun Baru. Dengan adanya CFN, maka kendaraan roda empat hingga roda dua dilarang melintas di titik yang sudah ditetapkan. Selain itu, massa juga dilarang berkumpul dan membuat kerumunan.

Nantinya, CFN akan dimulai dari pukul 00:00 hingga 04:00 WIB, namun khusus malam tahun baru CFN dimulai lebih awal, yaitu pukul 19:00 WIB.

“Untuk persiapan malam Natal dan tahun baru, rencananya tetap kita akan melaksanakan crowd free night. Kita akan buat Jakarta sepi di malam tahun baru,” ujar Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, seperti dikutip dari video NTMC.

Ada sejumlah wilayah yang dikhawatirkan menjadi titik kumpul dan tempat perayaan malam pergantian tahun, antara lain Bundaran Hotel Indonesia (HI), Taman Impian Jaya Ancol, Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kota Tua dan Kawasan Kemang.

“Tidak hanya Sudirman-Thamrin, tetapi tempat-tempat yang sering dijadikan acara perayaan pergantian tahun juga kita akan laksanakan crowd free night,” kata Sambodo.

Sejatinya, CFN bukanlah sesuatu yang baru di Jakarta. Saat ini, CFN sudah diterapkan di empat kawasan Jakarta, yaitu Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Asia Afrika, Kawasan Kemang dan Kawasan SCBD. Polisi menerapkan CFN di empat lokasi itu setiap Jumat malam, Sabtu malam dan malam libur tanggal merah.

“Kenapa empat kawasan ini, karena empat kawasan inilah yang beberapa minggu kemarin sampai dengan malam ini, malam Minggu kemarin yang berpotensi banyak terdapat pelanggaran-pelanggaran protokol kesehatan,” ucap Sambodo. []

Baca juga: Libur Nataru Tempat Wisata Tidak Tutup Tetapi Dibatasi 50%