UNWTO Nobatkan Nglanggeran Yogyakarta Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia

0
UNWTO
UNWTO Nobatkan Nglanggeran Yogyakarta Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia. (Foto: Pelopor.id/SS Youtube 24th UNWTO General Assembly)

Pelopor.id – UNWTO pada Kamis, (2/11/2021), menobatkan Desa Nglanggeran asal Gunungkidul Yogyakarta sebagai desa wisata terbaik di dunia dalam ajang Best Tourism Villages 2021.

Nglanggeran, juga terpilih diantara 2 desa lainnya yang menjadi wakil Indonesia di ajang internasional tersebut seperti Desa Wisata Tete Batu di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Desa Wae Rebo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta
Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. (Foto:Pelopor.id/IG CatatanWisata)

“Semoga kesuksesan ini akan menginspirasikan banyak desa – desa wisata lain di Indonesia untuk terus berbenah menjadi yang terbaik,” tutur Pengamat Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi mengomentari kemenangan Desa Nglanggeran pada Kamis, (2/12/2021).

Baca juga :

Sebelumnnya Desa Wisata Nglanggeran telah memperoleh pengakuan sebagai destinasi wisata unggulan dan meraih berbagai penghargaan antara lain :

1. Juara 1 Penyelamat Lingkungan Seleksi Kalpataru 2009 Propinsi DIY.
2. CIPTA Award dari Kemenbudpar RI Tahun 2011
3. UKM Terbaik Lomba Wirausaha Inovatif Berbasis Lingkungan dan Sosial oleh INOTEK dan PT. Sampoerna.Tbk Tahun 2015.
4.Desa Wisata Terbaik Asean konsep CBT Tahun 2017
5.Pemenang ASTA (Asean Sustainable Tourism Award) Tahun 2018.

Tak berhenti disitu , Desa Wisata Nglanggeran juga berhasil memenuhi konsep pengembangan kawasan dengan tiga unsur utama di dalamnya yaitu Geodiversity, Biodiversity dan Culturaldiversity. Yang lebih membanggakan, Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu Geosite di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark yan yang diakui ditingkat dunia. []