Taufan Rahmadi: Terpilih Wakili Indonesia di Ajang Best Tourism Village UNWTO Kemenangan Bagi Tetebatu

0
Taufan Rahmadi
Pengamat sekaligus Ahli Pariwisata Nasional, Taufan Rahmadi. (Foto:Pelopor.id/Fb TR)

Pelopor.id – Pengamat sekaligus Ahli Pariwisata Nasional, Taufan Rahmadi menyampaikan bahwa terpilihnya Tetebatu menjadi wakil Indonesia Best Tourism Village UNWTO 2021 sudah menjadi sebuah kemenangan tersendiri.

“Kemenangan pertama lantaran Tetebatu telah berhasil menjadi desa terpilih dari sekian banyak desa wisata di Indonesia untuk bisa tampil di ajang Best Tourism Village ini, tutur TR panggilan akrabnya kepada Pelopor.id, Selasa, 12 Oktober 2021.

“Ada 75 ribu desa di seluruh Indonesia, (dari jumlah itu) ada 6 ribu desa wisata dan salah satunya Tetebatu yang terpilih,” sebutnya beberapa waktu lalu.”

Hal ini, menurut Taufan menjadikan Tetebatu menjadi magnet dari destinasi wisata unggulan. Tidak saja di Kabupaten Lombok Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB), tetapi juga di Indonesia.

“Masalah menang atau kalah di UNWTO adalah bonus karena bagaimanapun dengan terpilihnya Tetebatu di ajang ini telah menaikkan brand equity desa tersebut. Membuat calon wisatawan baik lokal maupun nusantara, mengetahui dan melihat dan membuat ingin berkunjung ke Tetebatu,” tegas Penulis buku Protokol Destinasi tersebut.

Tetebatu
Desa Wisata Tetebatu yang terletak di Sikur, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. (Foto:Pelopor.id/Ist)

Taufan juga menyebut, Desa Wisata Tetebatu yang terletak di Sikur, Lombok Timur sangat istimewa karena berhasil lolos mewakili Indonesia di ajang The Best Village UNWTO 2021. Padahal untuk terpilih sebagai wakil Indonesia, Tetebatu harus bersaing dengan ribuan desa wisata lainnya di seluruh nusantara.

“Ada 75 ribu desa di seluruh Indonesia, (dari jumlah itu) ada 6 ribu desa wisata dan salah satunya Tetebatu yang terpilih,” sebutnya beberapa waktu lalu.

Taufan menegaskan, dalam lomba desa wisata tersebut, setiap negara hanya boleh mengirimkan tiga wakilnya saja. Sedangkan wakil dari Indonesia, selain ada Tetebatu, dua wakil dewa wisata lainnya yakni Wae Rebo NTT dan Desa Nglanggeran, Yogyakarta.

Desa Wisata Nglanggeran
Desa Wisata Nglanggeran. (Foto:Pelopor.id/Kemenparekraf)

Desa Wisata Nglanggeran sendiri kerap meraih penghargaan sebelumnya. Diantaranya, penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN tahun 2017 dengan konsep Community Based Tourism (CBT).Serta, mendapat predikat Desa Wisata Berkelanjutan dari Kemenparekraf.

Sementara Desa Wae Rebo NTT merupakan kampung tua berusia sekitar 1.090 tahun yang letaknya bersembunyi di kaki rimba Poco Roko, hutan lebat di atas wilayah Satarmese Barat Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Wae Rebo
Desa Wae Rebo Manggarai NTT. (Photo : Pelopor.id/VIVA/Jo Kenaru)

Nama Wae Rebo menjadi terkenal sejak meraih penghargaan UNESCO pada tahun 2012. Seiring waktu, kampung yang merupakan bagian dari Desa Satar Lenda ini menjadi destinasi favorit dalam dan luar negeri. []