Kapolri Perintahkan Seluruh Jajaran Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Nataru

0
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Probowo perintahkan seluruh jajaran antisipasi gangguan kamtibmas jelang libur Natal dan Tahun Baru. (Foto: Pelopor/Tribratanews)

Pelopor.id | Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Probowo menggelar video conference kepada seluruh jajaran, mulai dari pejabat utama, kapolda hingga kapolres terkait kesiapan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), untuk mencegah pertumbuhan angka kasus Covid-19.

Dalam pengarahannya, Kapolri Listyo Sigit meminta seluruh jajarannya untuk melakukan pemetaan potensi kerawanan dan melakukan antisipasi sejak dini. Hingga kini, situasi kamtibmas memang masih relatif kondusif, namun menurut kapolri, tetap perlu diantisipasi kalender kamtibmas akhir tahun 2021.

Selain antisipasi gangguan kamtibmas, kapolri juga menekankan jajarannya untuk fokus mempersiapkan pengamanan dan pengendalian Covid-19, menjelang libur nataru. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan PPKM Level 3 saat libur nataru, untuk mengantisipasi pertumbuhan angka kasus corona.

Baca juga: Kapolri Wujudkan Impian Atlet Tuban Peraih Emas PON Teuku Tegar Jadi Polisi

Terkait hal itu, Kapolri Listyo Sigit menginstruksikan jajaran kepolisian untuk melakukan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) saat sebelum dan setelah operasi lilin, guna mengimplementasikan kebijakan tersebut.

Kapolri mengatakan, kita harus bisa mempertahankan prestasi dalam penanganan Covid-19. Seperti diketahui, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah menetapkan Indonesia masuk kategori zona hijau Covid-19 dengan tingkat penularan kasus berada di level satu.

Selain itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah di beberapa agenda internasional. Karenanya, sebagai salah satu yang berada di garda terdepan, Polri harus memastikan untuk mencegah gangguan kamtibmas dan lonjakan kasus Covid-19. Capaian ini perlu dipertahankan, dengan penguatan prokes, 3T (esting, Tracing, Treatment) dan meningkatkan capaian vaksinasi. []