Sejarah Hari Brimob 14 November

0
Brimob
Brimob. (Foto : Pelopor.id/Hobi Militer)

Pelopor.id – Hari Brimob, diperingati setiap tanggal 14 November setiap tahunnya. Korps Brigade Mobil (Brimob) merupakan satuan tertua di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Brimob memiliki sejarah panjang dalam pengabdiannya untuk menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Cikal bakal Brimob telah berdiri sejak zaman penjajahan Jepang. Kala itu, Brimob ikut andil dalam merebut kemerdekaan, bahkan punya peran besar dalam melawan pemberontakan pada masa awal berdirinya Republik Indonesia.

Sejarah Berdirinya Brimob dimulai pada bulan April tahun 1944 seperti dilansir dari korbrimob polri. Saat itu, Pemerintah Militer Jepang membentuk Tokubetsu Keisatsu Tai (Pasukan Polisi Istimewa) di setiap Karesidenan Jawa, Madura dan Sumatera beranggotakan polisi muda yang terlatih, disiplin, dan terorganisasi dengan rapih.

Baca juga :

Kemudian berlanjut di bulan Agustus 1945, Tokubetsu Keisatsu Tai ikut berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan menjadi cikal bakal dibentuknya dari Polri. Lalu 14 November 1946, seluruh kesatuan Tokubetsu Kaisatsu Tai dilebur menjadi Mobile Brigade (Mobrig).

Sementara Presiden Soekarno, merubah nama satuan ini menjadi Brigade Mobil (Brimob) pada 14 November 1961 dan menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Brimob. []