Enam Cara Menggunakan Serum dengan Benar

0
Serum Wajah
Ilustrasi Serum Wajah. (Foto: Pelopor.id/Tantri)

Pelopor.id – Merawat kulit wajah dengan menggunakan serum, dapat membuatnya tampak ternutrisi dan terjaga. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum paham cara menggunakan serum dengan benar.

Sehingga meski telah memakai serum yang harganya mahal sekalipun, tidak ada perubahan yang signifikan di kulit wajahnya. Kulit wajah tetap kusam, serta masih terdapat beruntusan dan noda hitam di wajah. Untuk itu, kamu perlu enam cara menggunakan serum yang benar ini yang di rangkum Pelopor.id dari berbagai sumber.

1. Sebelum memakai serum  membersihkan wajah Anda dengan benar sehingga serum dapat terserap dengan sempurna. Membersihkan kulit dari makeup kotoran, debu dan juga sisa Skin Care sangat penting, sebab jika dibiarkan bukan tidak mungkin akan timbul jerawat pada wajah dan pori-pori akan semakin terlihat.

2. Setelah membersihkan wajah, keringkan secara perlahan dengan menggunakan handuk yang bertekstur lembut. Jangan tunggu sampai kulit wajah benar-benar kering, karena ini merupakan kesalah besar. Jaga agar kulit masih terasa lembab baru olehkan serum. Kondisi kulit yang lembab, akan membuat serum bekerja lebih maksimal. Kalau sudah terlanjur kering, kamu bisa mengakalinya dengan menyemprotkan facial mist, thermal water, atau toner dan tunggu sampai kulit wajah lembap.

3. Kamu hanya memerlukan serum secukupnya saat akan diaplikasikan sebab serum mempunyai kandungan bahan aktif yang sudah terkonsentrasi. Bahkan, mengaplikasikan serum terlalu banyak dinilai akan mempersulit kulit wajah saat proses penyerapan. Jadi, cukup gunakan dua sampai tiga tetes serum saja untuk seluruh wajahmu.

Baca juga :

4. Kamu dapat langsung menuangkan serum pada telapak tangan atau cukup diteteskan langsung di kulit wajah. Seperti diteteskan pada bagian dahi, pipi, dan juga dagu. Untuk serum yang mempunyai tekstur oil, sebaiknya aplikasikan pada kulit wajah yang masih basah dan tangan yang hangat agar serum terserap secara maksimal.

bila serum kamu berbentuk cairan atau krim, maka tuangkanlah ke ujung jari ataupun jari telunjuk dan juga jari tengah. Bila serum kamu berbentuk oil dan terdapat pipet pada kemasannya maka cara memakai serum wajah lebih baik dilakukan dengan menuangkan pada telapak tangan daripada langsung mengarahkan pipet ke kulit wajah.

Hal ini dilakukan agar serum yang ada di botol terhindar dari kotoran di kulit wajah. Selain itu, menggunakan serum dengan tangan bisa membuat serum meresap lebih baik ke dalam kulit. Tetapi harus hindari menggunakan serum dengan bantuan alat lain seperti kuas.

5. Saat diaplikasikan pada kulit wajah, jangan lupa untuk meratakan serum tersebut ke seluruh area wajah. Usapkan serum dengan menggunakan jari tengah dan jari telunjuk di kedua sisi. Lakukan dengan gerakan memutar ke arah atas agar kulit tidak turun dan kendur.

6. Setelah serum diaplikasikan ke wajah, jangan lupa oleskan produk pelembap. Karena, serum dan pelembap adalah dua hal yang berbeda. Menggunakan moisturizer atau pelembap dapat membuat kulit tetap lembap serta mengunci formula serum yang sudah diaplikasikan. Pelembap juga dapat menghidrasi dan menjaga kulit agar tetap kenyal. Tetapi, beri wajah mu jeda waktu tiga sampai lima menit setelah mengaplikasikan serum.[]