Sejumlah Alasan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

0
Mark Zuckerberg memamerkan logo Meta Platform Inc. (Foto: Pelopor/Instagram @zuck)

Pelopor.id | Facebook Inc resmi berubah nama menjadi Meta Platform Inc. Facebook Inc adalah perusahaan yang sudah berdiri selama 17 tahun dan menaungi beberapa media sosial populer, seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Perubahan nama ini diumumkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan, Mark Zuckerberg, dalam konferensi tahunan Connect yang digelar pada Kamis (28/10/2021). Dalam sesi wawancara bersama outlet media The Verge, Zuckerberg mengungkapkan sejumlah alasan perubahan nama menjadi Meta.

Zuckerberg menyebutkan, pergantian nama ini sebagai upaya rebranding yang sejalan dengan visi perusahaan, yaitu membangun metaverse. Istilah tersebut kerap digunakan untuk menggambarkan sebuah dunia virtual baru tempat orang dapat bermain game, bekerja dan berkomunikasi dengan orang lainnya dalam lingkungan virtual, biasanya dengan mengandalkan headset Virtual Reality (VR).

Baca juga: Facebook Bakal Rekrut 10.000 Pekerja untuk Kembangkan Metaverse

Menurut Zuckerberg, metaverse akan menjadi platform masa depan dan sekaligus memberikan pengalaman sosial. Bahkan, untuk membangun metaverse, Facebook sudah mengumumkan rencananya menciptakan 10.000 pekerjaan baru di Uni Eropa selama lima tahun ke depan.

Selain itu, Zuckerberg juga ingin terlepas dari citra perusahaan jejaring sosial. Ia mengaku tidak ingin dikenal hanya sebagai perusahaan jejaring sosial. “Facebook adalah merek media sosial yang ikonik. Dan semakin kami melakukan lebih dari itu, orang-orang menganggap kami sebagai perusahaan media sosial,” katanya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (29/10/2021).

Dengan bergantinya nama perusahaan, Mark Zuckerberg pun mengubah informasi jabatan yang ada di halaman resmi Facebook miliknya, dari CEO Facebook menjadi Founder dan CEO Meta. Namun kewenangannya masih tetap sama, karena ia memastikan struktur perusahaan tidak akan berubah.

Selain mengganti nama perusahaan, Zuckerberg juga memperkenalkan logo Meta yang menyerupai lambang infinite (tidak terbatas) dengan warna biru khas Facebook. []