Donald Trump Akan Luncurkan Platform Media Sosial Baru

0
Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump akan meluncurkan platform media sosial baru melalui Trump Media & Technology Group. (Foto: Pelopor/Instagram @realdonaldtrump)

Pelopor.id | Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump akan kembali ke Wall Street dan membawa perusahaan media baru ke publik, melalui perusahaan akuisisi tujuan khusus atau Special Purpose Acquisition Corporation (SPAC).

Donald Trump juga menyatakan akan meluncurkan platform media sosial baru melalui Trump Media & Technology Group, seperti dikutip dari CNN, Jumat (22/10/2021).

Perusahaan milik Trump itu menggandeng Digital World Acquisition Corp, sebuah perusahaan cangkang yang akan bergabung dengan swasta serta membawanya menjadi perusahaan publik. Perusahaan cangkang ini terdaftar di Nasdaq dan dipimpin Patrick Orlando, seorang CEO Yunhong International, SPAC yang berbasis di Wuhan, China.

Perusahaan cangkang sendiri adalah perusahaan yang didirikan secara resmi dan terdaftar secara hukum dalam wilayah atau yurisdiksi tertentu, namun tidak melakukan kegiatan apapun. Perusahaan cangkang juga dikenal dengan sebutan special purpose vehicle (SPV).

Baca juga: Selamat Ulang Tahun ke-75, Donald Trump!

Pada hari perdagangan Kamis waktu setempat, saham perusahaan cangkang tersebut melesat sampai 357% atau hampir empat kali lipat.

Tidak seperti SPAC lainnya, kesepakatan ini akan menghadirkan entitas baru ke publik, namun memiliki sedikit atau tanpa rekam jejak. Demikian juga dengan data pendapatan, tidak diketahui dengan rinci berapa banyak pendapatan yang dihasilkan Trump Media & Technology Group.

Menanggapi hal ini, Profesor Universitas Florida Jay Ritter mengatakan, perusahaan yang memiliki pendapatan kurang dari US$100 juta saat go public, cenderung berkinerja buruk di pasar.

Jay Ritter sendiri memang fokus mempelajari soal penawaran saham ke publik atau initial public offering (IPO).