Viral Selebgram Rachel Vennya Kabur dari Karantina Dibantu Oknum TNI

0
Selebgram Rachel Vennya. (Foto: Pelopor/Instagram @rachelvennya)

Pelopor.id | Selebgram Rachel Vennya ramai diperbincangkan setelah kabur saat karantina di RSDC Wisma Pademangan, Jakarta Utara. Setelah diadakan penyelidikan, Kapendam Jaya Kolonel Herwin BS mengatakan bahwa kaburnya Rachel dibantu oleh seorang oknum TNI berinisial FS.

“Saat ini pihak Kodam Jaya sedang dalam proses penyelidikan terkait berita kaburnya selebgram Rachel Vennya dari Karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan, pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari hulu sampai ke hilir,” kata Kolonel Herwin dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Singapura Izinkan Wisatawan dari 11 Negara Masuk Tanpa Karantina

Awalnya, Rachel mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, dari Amerika Serikat untuk memenuhi undangan brand lokal, Erigo.

“Pada saat pendalaman kasus, ditemukan adanya dugaan tindakan nonprosedural oleh oknum anggota Pengamanan Bandara Soetta (TNI) berinisial FS, yang telah mengatur agar selebgram Rachel Vennya dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri,” ucap Kolonel Herwin.

Rachel tak sendiri, sejumlah public figure seperti Luna Maya, Gading Marten hingga Denny Sumargo juga ikut dalam rombongan tersebut. Namun tak seperti rekannya, sebut saja Denny Sumargo, yang menjalani karantina di hotel, Rachel justru melakukannya di Wisma Atlet.

Baca juga: Sandiaga Uno: Masa Karantina Turis Asing Dikurangi Jadi 5 Hari

Kolonel Herwin menyebutkan, ada tiga kriteria warga yang boleh dikarantina di Wisma Atlet. “Pada kasus selebgram Rachel Vennya menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak berhak mendapat fasilitas tersebut,” ujarnya.

Berikut kriteria warga yang berhak mendapatkan fasilitas karantina di Wisma Atlet:
1) Para pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Indonesia dan menetap minimal 14 hari di Indonesia
2) Pelajar/mahasiswa Indonesia setelah mengikuti pendidikan atau melaksanakan tugas belajar dari luar negeri
3) Pegawai pemerintah RI yang kembali ke Indonesia setelah melaksanakan perjalanan dinas dari luar negeri

Baca juga: Profil Selebgram Ayu Thalia yang Diduga Memfitnah Nicholas Sean Purnama

Setelah ditemukan keterlibatan oknum, Pangdam Jaya selaku Pangkogasgabpad Covid-19 Mayjen TNI Mulyo Aji memerintahkan penyidikan terhadap oknum FS dan meminta proses pemeriksaan dilakukan dengan cepat.

“Penyelidikan juga akan dilakukan terhadap tenaga sektor kesehatan, tenaga pengamanan dan penyelenggara karantina lainnya agar diperoleh hasil yang maksimal sebagai bahan evaluasi sesuai dengan SE Satgas COVID-19 Nomor 18 Nomor 2021 yang mana bahwa tamu atau warga yang baru datang dari luar negeri wajib melaksanakan karantina selama 8×24 jam,” kata Herwin.

Akibat tindakannya ini, Rachel Vennya terancam pidana 1 tahun penjara, sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan. []