Profil Kartini Sjahrir, Adik Menko Luhut yang Bakal Jadi Komisaris Lippo Karawaci

0
Kartini Sjahrir
Adik Menko Luhut, Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir. (Foto:Pelopor.id/@tatlerindonesia)

Pelopor.id | Jakarta – Kartini Sjahrir diusulkan untuk menduduki jabatan sebagai Komisaris Independen PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) pada agenda Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu, 13 Oktober 2021. Hal ini diketahui dalam keterbukaan informasi perusahaan pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pemilik nama lengkap Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir ini, adalah adik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan merupakan tokoh terkemuka Indonesia dalam bidang hubungan internasional.

Kartini Sjahrir adalah seorang lulusan Sarjana Antropologi (S1) di Universitas Indonesia pada tahun 1976, kemudian mendapatkan gelar Master dari Universitas Boston pada 1981 dan gelar Doktor di universitas yang sama pada 1990.

Ia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Pemerintah Argentina, Paraguay, dan Republik Oriental Uruguay pada September 2010 hingga Oktober 2014. Sehingga pada 15 September 2014 ia mendapat penghargaan dari Argentina, the Order de Mayo el Mérito en el Grando Cruz.

Kemudian, Kartini Sjahrir menjabat sebagai Penasihat Senior untuk Masalah Perubahan Iklim pada Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi pada tahun 2015 sampai 2019. Dia juga pernah menjadi wakil Indonesia di Dewan Penasihat ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (ASEAN-AIPR) pada tahun 2018-2020.

Kartini Sjahrir yang merupakan ibu dari dua orang anak juga sempat menjabat sebagai Ketua Asosiasi Antropologi Indonesia (AAI), Ketua Yayasan Kebun Binatang Ragunan dan merupakan pendiri Suara Ibu Peduli.

Dia, menjabat sebagai Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) di Universitas Sumatera Utara sejak 2020. Dari Maret 2019 sampai hari ini, wanita kelahiran 1 Februari 1950 itu masih menjabat sebagai Komisaris Independen PT Siloam International Hospital Tbk. []