Taufan Rahmadi Terpilih Sebagai Ketua Dewan Pembina Pokdarwis Mandalika

0
Taufan Rahmadi
Acara Pelantikan Kepengurusan Asosiasi Pokdarwis Mandalika. Dalam acara itu Taufan Rahmadi Terpilih Sebagai Ketua Dewan Pembina. (Foto:Pelopor.id/TR)

Pelopor.id | Jakarta – Pengamat Sekaligus Ahli Strategi Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi, terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Mandalika. Terkait hal ini, TR panggilan akrabnya, siap mendengarkan masukan terkait program-program unggulan dalam pengembangan Desa Wisata.

“Yang akan saya lakukan satu adalah mendengar harapan dari kawan-kawan Asosiasi Pokdarwis Mandalika terkait apa yang menjadi program-program unggulan mereka,” tutur TR panggilan akrabnya saat diwawancarai Pelopor.id, Selasa, 28 Agustus 2021.

“Apa yang menjadi ide-ide mereka, apa yang menjadi rancangan-rancangan mereka untuk bisa memajukan desanya. Terlebih, Mandalika adalah destinasi pariwisata super prioritas,” sambungnya.

“Kita sebagai dewan Pembina, tugas utama kita adalah membimbing, mendengar, mendorong daripada apa yang menjadi program-program kerja kepengurusan asosiasi Pokdarwis Mandalika ini.”

Selain itu, dirinya akan mendorong kawan-kawan di Asosiasi Pokdarwis Mandalika untuk meningkatkan kapasitas desa wisatanya sehingga menjadi desa wisata mandiri, maju dan terus berprestasi.

“Dengan apa yang saya miliki, tentunya saya akan membantu kawan-kawan di Asosiasi Pokdarwis Mandalika untuk bisa memiliki ide-ide terobosan sesuai dengan expertise saya sebagai kreatif strategic yang nantinya juga kita harapkan bisa menjadi bagian dari pada langkah-langkah strategis untuk pemulihan pariwisata,” ungkap guest speaker dalam ajang Global tourism forum tersebut.

Taufan Rahmadi Terpilih Sebagai Ketua Dewan Pembina Pokdarwis Mandalika
Acara Pelantikan Kepengurusan Asosiasi Pokdarwis Mandalika. Dalam acara itu Taufan Rahmadi Terpilih Sebagai Ketua Dewan Pembina. (Foto:Pelopor.id/TR)

Selanjutnya, sebagai Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pokdarwis Mandalika, Taufan Rahmadi akan berusaha mendekatkan komunikasi, mengeratkan komunikasi antara desa wisata, asosiasi desa wisata Pokdarwis Mandalika dengan pemerintah daerah mulai dari kabupaten, provinsi, hingga di pusat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif.

“Tentunya hal ini, perlu untuk diskusikan dengan kawan-kawan di kepengurusan Asosiasi Pokdarwis Mandalika terlebih dahulu ya, karena sebenarnya kita sebagai dewan Pembina, tugas utama kita adalah membimbing, mendengar, mendorong daripada apa yang menjadi program-program kerja kepengurusan asosiasi Pokdarwis Mandalika ini,” tandasnya.

Adapun Pokdarwis, adalah kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan.

Serta berperan untuk mewujudkan Sapta Pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. []