Taufan Rahmadi Ungkap Sosok Dibalik Suksesnya Billebante jadi Juara Desa Wisata BCA Award 2021

0
Bilebante berhasil keluar sebagai juara kedua kategori wisata alam dalam lomba BCA Award 2021.
Bilebante berhasil keluar sebagai juara kedua kategori wisata alam dalam lomba BCA Award 2021.(Foto:pelopor.id/Ist)

Pelopor.id | Jakarta – Bilebante berhasil keluar sebagai juara kedua kategori wisata alam dalam lomba BCA Award 2021. Pengamat Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi menyebut, dibalik kesuksesan ini ada sosok Pahrul Azim atau biasa dipanggil Pahrul yang saat ini menjabat sebagai direktur desa wisata hijau Bilebante.

“Berbicara tentang desa wisata kepadanya kita akan disuguhkan dengan langkah-langkah jitu yang sudah terbukti keberhasilannya.”

“Sejak pertama saya mengenalnya ditahun 2016, saya sudah bisa merasakan getaran semangatnya disaat memperkenalkan desa billebante dan meyakinkan saya yang saat itu masih menjabat sebagai PIC Mandalika Tim 10 Kemenpar RI, bahwa desa ini memiliki banyak potensi dan patut untuk diperjuangkan di kancah internasional,” tutur Taufan berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Pelopor.id, Sabtu, 5 September 2021.

“Saya menyambut semangat itu, saya katakan kepada Pahrul saat itu untuk segera mempersiapkan segala sesuatu terkait billebante untuk bersama kita gedor pusat,” sambungnya.

Menurut Taufan, Pahrul adalah sosok muda pekerja keras, cerdas, komunikatif, santun, taat dan jago melobby.

“Berbicara tentang desa wisata kepadanya kita akan disuguhkan dengan langkah-langkah jitu yang sudah terbukti keberhasilannya,” ungkap Penulis buku Protokol Destinasi itu.

Selain itu, Taufan juga menyebut ketekunan dan kerja keras Pahrul yang saat ini menjabat sebagai direktur desa wisata hijau bilebante telah mampu menarik perhatian Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya kala itu dan Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno untuk berkenan berkunjung ke desa ini.

Pengamat Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi. (Foto: Pelopor/Facebook Taufan Rahmadi)

Tak hanya itu, berkat tangan dingin Pahrul sederet penghargaan nasional telah berhasil diraih Bilebante, salah satunya adalah Juara 2 Nasional BCA Desa Wisata Award 2021. Ini, adalah sebuah penghargaan prestisius yang tidak mudah untuk diraih.

Secara khusus, Bilebante telah berhasil mengharumkan nama NTB dan Lombok Tengah sebagai sebuah desa yang maju karena inovasi pariwisatanya.

“Semoga ini mampu menginspirasi desa-desa lain di NTB dan Indonesia untuk bisa terus berprestasi, semoga pula akan lahir sosok Pahrul-Pahrul lain yang menginspirasikan para pemuda di desa untuk menjadi agent of change di dalam berjuang membangun pariwisata di desanya. Selamat Bilebante , Selamat Pahrul, Terus Maju Pariwisata Lombok Tengah , Semakin Gemilang Pariwisata NTB, Salam Pesona Indonesia,” tutupnya.

Ucapan penuh suka cita juga datang dari Kadis Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Yusron Hadi.

“Selamat dan sukses atas prestasi yang telah diraih oleh desa wisata Bilebante sebagai juara 2 kategori wisata alam dalam lomba BCA Award 2021,” kata Yusron.

Yusron Hadi
Kadispar NTB Yusron Hadi. (Foto:Pelopor.id/Ist)

Menurutnya, prestasi ini harus disyukuri sebab dalam masa pandemi seperti ini, Bilebante masih menunjukkan presitasinya. Bentuk kesyukuran itu diwujudkan dengan meningkatkan terus kualitas daripada destinasi wisata dan memperkaya dengan atraksi seni budaya yang ada.

Lebih lanjut, Yusron mengungkapkan bahwa prestasi ini bisa membangun optimisme para pengelola desa wisata Bilebante untuk menghadirkan tempat berwisata yg lebih menarik.

“Tentu saja prestasi ini harus dicontoh oleh desa wisata lainnya. Ini tentunya dapat menginspirasi dan menguatkan semangat kawan-kawan pengelola desa wisata lainnya bahwa ini contoh, meski dalam pandemi desa wisata masih bisa berprestasi,” tandasnya.

Terakhir, Yusron meminta agar kesempatan ini digunakan untuk terus berbenah dan melakukan penguatan di aspek destinasi, lingkungan, dampak sosial dan ekonomi positif yang dapat timbul nantinya. []