Taufan Rahmadi: Dari 6 Ribu Desa Wisata, Tetebatu Dipilih Wakili Indonesia

0
Pengamat Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi
Pengamat Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi. (Foto:P{elopor.id/Fb TR)

Pelopor.id | Jakarta – Pengamat Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi mengatakan, Desa Wisata Tetebatu yang terletak di Sikur, Lombok Timur sangat istimewa karena berhasil lolos mewakili Indonesia di ajang The Best Village UNWTO 2021. Padahal untuk terpilih sebagai wakil Indonesia, Tetebatu harus bersaing dengan ribuan desa wisata lainnya di seluruh nusantara.

“Ada 75 ribu desa di seluruh Indonesia, (dari jumlah itu) ada 6 ribu desa wisata dan salah satunya Tetebatu yang terpilih.”

Hal ini disampaikan TR panggilan akrabnya dalam kunjungan bersama tim pendamping Desa Wisata Tetebatu Kamis, 2 September 2021. Kunjungan TR kali ini, sebagai tindak lanjut untuk memperkuat Tetebatu di ajang internasional tersebut.

“Pengumumannya itu (pemenang) antara 12 sampai 15 Oktober di Sidang Umum PBB. Ini nggak main-main, ada 75 ribu desa di seluruh Indonesia (dari jumlah itu) ada 6 ribu desa wisata dan salah satunya Tetebatu yang terpilih,” tutur TR dalam acara tersebut.

Menurut Taufan, yang perlu diperhatikan, setiap negara hanya boleh mengirimkan tiga wakil desa wisatanya dan selain Tetebatu, dua wakil dewa wisata lain dari Indonesia juga merupakan lawan yang berat.

“Indonesia Timur diwakili oleh Wae Rebo (NTT), bisa cek bagaimana track record mereka. Di indonesia barat diwakili Nglanggeran Jogja, ini juga kelas berat desanya,” tegas Taufan.

Taufan juga menegaskan bahwa kesuksesan ini, bukan hanya milik Tetebatu. Tetapi kesuksesan tersebut juga bisa diartikan bagaimana Indonesia tampil di dunia Internasional. Oleh sebab itu, Taufan mengajak semua pihak untuk bersinergi. Sebab, negara-negara yang mengirimkan wakilnya, seperti negara-negara Eropa Timur dan Amerika Latin adalah negara yang sudah hebat dengan konservasinya.

“Nggak main-main, (Di Eropa) Slovenia, Armenia. Di Asean kita bicara tentang Vietnam, Kamboja, Malaysia,” sebutnya.

Di sisi lain lanjut Taufan, dengan kondisi seperti saat ini, tak banyak prestasi yang bisa ditoreh oleh bangsa, tetapi indonesia dengan Tetebatunya Oktober besok harus ada dan menang. Namun, semua ini tentunya harus mendapatkan support dari seluruh Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Taufan juga menyampaikan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, akan datang langsung ke lokasi 3 desa wisata yang menjadi wakil Indonesia untuk mengecek secara langsung tentang kesiapan mereka.

“Bapak Menteri Pariwisata akan datang untuk ngecek. Setiap 3 desa yang menjadi wakil Indonesia akan dicek langsung oleh Pak Menteri. Oleh karena itu, kita harus bersatu, kita harus sama-sama Menguatkan kerjasama kita,” tandas Taufan.

Tutur hadir dalam acara tersebut, SKPD Pemprov NTB (Dispar NTB, Bappeda NTB, Dinas PUPR NTB, Dinas Perkim NTB, Dinas Pemberdayaan Desa, BPPD NTB dan seterusnya). Selain itu, hadir pula dalam pertemuan ini Dispar Lotim, Kepala desa Tetebatu, kepala desa Pesanggran, kepala desa Tetebatu Selatan, kepala desa Loyok. []