Olimpiade Tokyo, Angkat Besi Persembahkan Medali Pertama Bagi Indonesia

0
Windy Cantika
Windy Cantika ketika berhasil melakukan clean and jerk pada 49 kilogram putri Olimpiade Tokyo 2020. (Foto:Pelopor.id/Reuters/Edgar)

Pelopor.id | Jakarta – Indonesia berhasil meraih medali pertama di Olimpiade Tokyo 2020 pada Sabtu, 24 Juli 2021 yang dipersembahkan oleh Windy Cantika Aisah dari cabang angkat besi di nomor 49kg.

Gadis manis berusia 19  tahun ini memperoleh medali Perunggu dengan total angkatan 194 kg dari dua kategori yang dipertandingkan, Snatch serta Clean & Jerk. Sedangkan Medali perak diraih atlet India, Chanu Mirabai, dan medali emas dipetik atlet Tiongkok, Zhihui Hou.

Di kategori Snatch, Windy dua kali gagal mengangkat beban. Bahkan pada percobaan pertama, ia tidak bisa mengangkat beban 84kg. Namun Windy tak pantang menyerah sehingga ia baru berhasil mengangkat beban tersebut di percobaan kedua. Lalu di percobaan ketiga, Windy kembali gagal mengangkat beban 87 kg.

Berkat tekadnya yang kuat, kegagalan Windy di kategori Snatch dibayar lunas di kategori Clean & Jerk. Ia melibas habis tiga percobaan dengan jumlah angkatan masing-masing 103, 108, dan 110.

Adapun atlet Tiongkok Zhihui selain berhasil medali emas, dia sekaligus memecahkan rekor dunia dan Olimpiade Zhihui tanpa halangan berarti melibas kategori Snatch dan Clean & Jerk. Dia tidak sekalipun gagal dari tiga percobaan yang diberikan. Total angkatan Zhihui 210. Di kategori Snatch, ia mengangkat total beban 94kg, sementara di kategori Clean & Jerk, ia mengangkat 116 kg. []