Tony Fernandes Yakin Penerbangan Internasional Tetap Tinggi Meski Ada Omicron

0
Salah satu armada AirAsia. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Tony Fernandes yakin perjalanan internasional akan tetap tinggi, meskipun pertumbuhannya diperlambat oleh penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Bahkan, ia optimistis bisnis perjalanan mulai memasuki masa kebangkitannya pada saat ini, terlihat dari pemulihan bisnis perjalanan yang semakin nyata.

Fernandes mengatakan hal itu dalam wawancaranya dengan program CNBC Squawk Box Asia, awal pekan ini. Ia juga memprediksi, perjalanan internasional akan kembali ke level pra-Covid sekitar enam bulan setelah perbatasan kembali dibuka, yang diharapkan mulai dibuka pada Maret nanti.

Seperti diketahui, kemunculan varian Omicron pada akhir 2021, telah membuat sejumlah negara, termasuk Thailand dan India, menerapkan kembali pembatasan kedatangan. Padahal beberapa waktu sebelumnya sudah mulai berlaku perjalanan bebas karantina di Asia.

Selain menyoroti bisnis perjalanan, Fernandes juga sempat membahas tentang bisnis ride-hailing perusahaannya yang disebut berjalan sangat baik. Bahkan, AirAsia Ride dinilai jauh melampaui harapannya sejak diluncurkan pada Agustus 2021.

Menurut Fernandes, muncul terlambat di pasar ride-hailing justru memberikan keuntungan sendiri bagi AirAsia Ride, seperti dikutip CNBC. Perusahaan tersebut kini tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk penelitian, pengembangan atau teknologi, lantaran bisa mengamati pesaingnya yang sudah ada.

AirAsia menggandeng Gojek untuk beroperasi di Thailand. []

Baca juga: Gojek Gandeng AirAsia Digital di Thailand, Tony Fernandes Antusias