Wanita Meninggal Akibat Kecelakaan Hindari Lubang, BPJT: Jalan Tol Kayu Agung Tidak Penuhi Standar

0

Pelopor.id – Jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung menelan korban seorang wanita yang mobilnya mengalami kecelakaan setelah menghindari jalan berlubang di jalan tol. Kondisi jalan di tol tersebut memang sangat bermasalah.

Berdasarkan data Standar Pelayanan Minimal BPJT Kementerian PUPR, memang banyak standar yang tidak dipenuhi pada jalan tol itu mulai dari indikator lubang, rutting, dan retak.

Tidak hanya itu, aspek keselamatan sederet indikator juga tidak bisa dipenuhi. Mulai dari kelengkapan dan kejelasan perambuan, jumlah dan reflektivitas marka jalan, dan jumlah reflektor sebagai pemandu di pinggir jalan.

Kemudian intikator lain yang belum dipenuhi adalah penerangan jalan umum yang lampunya harus menyala 100 persen serta pengamanan dan penegakan hukum 24 jam.

Kecelakaan tol Kayu Agung bermula dari seorang pengemudi wanita yang banting stir karena menghindari lubang di tengah ruas jalan tol tersebut.Kemudian kendaraan jenis Brio yang dikendarai hilang kendali dan menabrak median pembatas jalan.

Korban terpental 15 meter dari lokasi lubang itu (Tol Palembang-Kayu Agung).

Berdasarkan kartu identitas yang ditemukan di lokasi kejadian, korban bernama Febi Khairunisa (21 tahun). Ia merupakan mahasiswi di universitas swasta Palembang, Sumatera Selatan.

Kasat Lantas Polres Ogan Ilir AKP M Alka menceritakan kronologi kecelakaan tersebut. Yakni, sore menjelang malam kemarin, sebelum Magrib. Korban hendak pulang dari Palembang ke rumahnya di Kayu Agung.

Korban lewat di jalur dua, diduga dengan kecepatan tinggi. Di TKP korban bertemu lubang dengan ukurannya sekitar 50 cm dan dalam sekitar 15-20 cm.

Saat kecelakaan, korban mental dari kendaraannya. Wanita itu, mengalami benturan luka di kepala dan dada, hingga akhirnya di bawa ke rumah sakit. Sayangnya, saat dalam perjalanan ke RS Hermina Jakabaring, ia dinyatakan meninggal dunia.[]