VinFast Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di AS

0
VinFast
Produsen Mobil Vietnam, VinFast Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di AS. (Foto:pelopor.id/Ist)

Pelopor.id – Demam elektrifikasi yang didengungkan seluruh produsen otomotif di seluruh dunia, dimanfaatkan juga VinFast. Produsen mobil asal Vietnam itu, berencana membangun pabrik baterai kendaraan listrik di kompleks manufaktur Amerika Serikat (AS).

Langkah pembangunan pabrik tersebut, nantinya akan dialokasikan oleh VinFast untuk membangun sel dan paket baterai yang akan digunakan pada kendaraan listrik VinFast.

Sebelumnya, Perusahaan yang menjadi bagian dari Vingroup JSC ini mengatakan, bakal mulai memproduksi kendaraan listrik di AS mulai paruh kedua tahun 2024 mendatang. VinFast juga berencana meluncurkan kendaraan sport listrik yang terjangkau pada akhir tahun ini.

“Kami akan membangun gigafactory kami di AS juga. Perusahaan juga akan terus memasok baterai dari pemasok,” tutur Wakil Ketua Vingroup dan CEO Vinfast Global, Le Thi Thu Thuy, dilansir dari Reuters, Kamis (6/1/2021).

Sebagai langkah awal, perusahaan ini merakit paket baterai dengan sel yang bersumber dari pemasok di AS. Selanjutnya, perusahaan baru akan memulai produksinya sendiri di sana. VinFast awalnya, memproduksi 100.000 paket baterai per tahun dengan investasi US$ 174 juta dan meningkatkan kapasitasnya menjadi 1 juta.

VinFast melalui pembangunan pabrik di Amerika Serikat juga ingin memberikan komitmen bahwa meskipun terbilang baru di kancah otomotif, namun mereka memiliki komitmen untuk menghentikan produksi mobil mesin konvensional di akhir tahun ini. []