Kemensos Terima Donasi Rp 1 Miliar dari Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih untuk NTT

0
Kementerian Sosial terima donasi Rp 1 miliar dari Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih untuk korban bencana di Nusa Tenggara Timur. (Foto: Pelopor.id/Kemensos)

Pelopor.id | Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyebutkan langkah strategis Kementerian Sosial (Kemensos) dalam penanganan pasca bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk jangka pendek, Kemensos mendorong perbaikan hunian masyarakat terdampak bencana dan juga pengerukan sungai yang dangkal sehingga meminimalisir banjir.

Kebijakan itu dibarengi dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di NTT. Untuk itu, Risma menginstruksikan jajarannya mendorong pembangunan community center di NTT.

“Kami juga menyiapkan pembangunan community center yang kami lengkapi fasilitasi modern,” kata Risma saat menerima Ketua Umum Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV-Indosiar Imam Sudjarwo di Jakarta, Kamis (06/01/2022).

Kelengkapan fasilitas di community center menjadi fokus Kemensos tidak hanya untuk jangka pendek. Dalam jangka panjang, community center disiapkan untuk meningkatkan kualitas SDM putra-putri NTT.

“Fasilitas community center kami berikan yang terbaik agar anak-anak di NTT bisa mengakses berbagai informasi untuk pengembangan pendidikan dan pengetahuan,” ujar Risma.

Kebijakan strategis lainnya di NTT adalah pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kemensos juga akan menginisiasi pembangunan sarana air bersih dan pembangunan energi listrik dari tenaga matahari (solar cell).

Mensos juga menyatakan apresiasi terhadap YPP yang mewakili para pemirsa kedua televisi swasta. Donasi dari pemirsa sejalan dengan arah kebijakan Kemensos.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum YPP Imam Sudjarwo menyerahkan Rp 1 miliar kepada Kemensos untuk membantu menyiapkan hunian masyarakat terdampak banjir.

“Kami menyerahkan bantuan melalui pemerintah, dalam hal ini Kemensos, sebagai mitra yang terpercaya. Terima kasih atas kerja sama Kemensos dan  YPP yang sudah terjalin selama ini,” pungkasnya. []

Baca juga: Cek Pencairan Bansos di Surabaya, Mensos Tawarkan Bantuan Usaha untuk Warga Terdampak Pandemi