IKEA Naikkan Harga Produk 9% di 2022

0
IKEA
Gerai IKEA. (Foto:Pelopor.id/ist)

Pelopor.id – IKEA menaikkan harga dengan rata-rata 9 persen lantaran menghadapi peningkatan biaya transportasi dan bahan baku.

Sebelumnya, Produsen perabot rumah tangga ini mengatakan akan menyewa lebih banyak kapal, membeli kontainer, dan membuat rute ulang barang antar gudang untuk mengurangi gangguan rantai pasokan.

Namun IKEA menyebut harus membebankan biaya itu kepada pelanggan, lantaran diperkirakan turbulensi akan terus berlanjut.

Harga akan naik rata-rata sekitar 9 persen di seluruh pasarnya dengan variasi lokal mencerminkan tekanan inflasi yang berbeda, termasuk komoditas dan masalah rantai pasokan.

“Seperti banyak industri lainnya, IKEA terus menghadapi kendala transportasi dan bahan baku yang signifikan yang menaikkan biaya, tanpa antisipasi jeda di masa mendatang,” tutur Ingka Group, selaku induk usaha yang memiliki 90% saham IKEA dikutip dari AFP.

Ingka Group sendiri mengeluarkan dana ekstra hingga 250 juta euro (Rp 4 triliun) untuk menangani krisis pengiriman ini. Keadaan tersebut, juga diperburuk oleh kembalinya permintaan menyusul menurunnya pandemi Covid-19 di beberapa area. []