Muhadjir Effendy: GPDRR 2022 Ajang Unjuk Gigi Indonesia dalam Penanganan Bencana

0
Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy: GPDRR 2022 Ajang Unjuk Gigi Indonesia dalam Penanganan Bencana. (Foto:pelopor.id/Kemenko PMK)

Pelopor.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, momentum pelaksanaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022, harus menjadi ajang unjuk gigi reputasi Indonesia dalam penanganan bencana.

“Indonesia berada dalam cincin api dan dilanda bencana hidrometeorologi. Kita mestinya menjadi negara yang pakar ahli dan kaya pengalaman dalam kaitannya dengan penanggulangan bencana. Itu saya kira harus kita tunjukan kepada dunia,” tuturnya, Jumat, (274/12/2021).

Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy: GPDRR 2022 Ajang Unjuk Gigi Indonesia dalam Penanganan Bencana. (Foto:pelopor.id/Kemenko PMK)

Selain itu, Menko PMK berharap, pelaksanaan GPDRR 2022 menjadi ajang promosi terhadap budaya, pariwisata Indonesia sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi.

“Kita harus mendapatkan sesuatu. Jangan sampai kita terlampau kosong. Hanya menggelar tapi tidak ada efek baik langsung maupun tidak langsung dari event ini,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan GPDRR 2022 yang rencananya akan diselenggarakan di Bali. GPDRR 2022, merupakan pertemuan ke-7 dari forum dua tahunan yang digagas oleh Badan PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana atau United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR).

Pemerintah Indonesia sendiri telah berkomitmen untuk menyukseskan pertemuan GPDRR 2022. Komitmen itu dibuktikan dengan adanya Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara GPDRR ke-7 Tahun 2022 yang telah ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo. []