Densus 88 Bekuk 3 Terduga Teroris yang Berencana Lakukan Aksi di Akhir Tahun

0
Densus 88
Densus 88. (Foto:Pelopor.id/Polri)

Pelopor.id  – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, mengamankan tiga orang terduga teroris di Kalimantan Tengah di kota berbeda yakni dua di Kabupaten Kotawaringin Timur dan seorang lagi Palangka Raya.

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol. Kismanto Eko Saputro mengatakan keduanya berinisial A, MSL, dan RTF Zay.

“Ketiga terduga teroris itu diduga terlibat dalam rencana melakukan aksi amaliyah atau aksi teror akhir tahun 2021 di provinsi ini,” tutur Kismanto Rabu (22/12/21).

Perwira Menengah Polda Kalteng itu menjelaskan, penangkapan tersebut dilakukan di Hotel Hawai Jalan Bubut di kamar nomor 323 Kota Palangka Raya dan dua orang lainnya ditangkap di Istana Jelawat Kabupaten Kotawaringin Timur.

Saat penggeledahan, Densus 88 berhasil mengamankan sejumlah barang bukti milik tiga terduga teroris yang berafiliasi ke Islamic State dan berbaiat kepada Abu Bakar Al Baghdadi.

Sejumlah barang yang disita seperti, senjata api, senjata tajam serta pakaian yang biasa digunakan untuk latihan militer untuk persiapan amaliyah.

“Ditemukan senjata api rakitan berikut senjata tajam, kemudian baju-baju yang digunakan untuk latihan militer untuk persiapan amaliyah, selanjutnya ditemukan buku-buku terkait pemahaman ideologi serta beberapa barang bukti lain terkait perbuatan pidana terorisme,” tandas Kombes Pol. Kismanto Eko Saputro. []