Northstar Akuisisi Tambang Batubara Downer Asal Australia

0

Pelopor.id – Group Northstar melalui anak usaha pertambangannya, emiten Delta Dunia Makmur, resmi mengakuisisi perusahaan tambang batubara milik Downer EDI Limited Australia, senilai 99 juta dolar amerika.

Transaksi tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 17 Desember lalu, melalui entitas anak Delta Dunia Makmur yang dibentuk di Australia, BUMA Limited.

Transaksi itu, mencakup transfer atas aset, karyawan, liabilitas imbalan kerja, dan kontrak-kontrak Mining East dari Downer ke BUMA Limited.

Adapun, Portofolio yang di akuisisi terdiri dari 4 lokasi tambang di Queensland, yang dalam beberapa tahun terakhir mencatatkan pendapatan tahunan sekitar 510 juta dolar australia.

Selain itu, Mining East sedang menjajaki berbagai proyek yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis tersebut di masa mendatang.

Langkah ini, menandai masuknya BUMA ke dalam industri batubara coking yang akan menjadi langkah pertama BUMA dalam melakukan diversifikasi, serta perluasan di luar Indonesia.

Akuisisi ini, juga akan memberikan kemampuan bagi BUMA dan perusahaan untuk menjajaki potensi proyek-proyek tambang di masa depan, baik di Indonesia maupun di Australia. []