Grab Catatkan Saham Perdana di Bursa Nasdaq Malam ini

0
Grab
Foto: Pelopor.id/Ist

Pelopor.id – Perusahaan teknologi aplikasi, Grab akan memulai pencatatan saham perdana atau IPO di bursa Nasdaq, Amerika Serikat pada hari ini. Pencatatan saham tersebut, akan dilakukan pada perdagangan Kamis waktu setempat atau nanti malam waktu Indonesia.

Pencatatan saham Grab dilakukan setelah perusahaan asal Asia Tenggara ini merger senilai US$ 40 miliar atau setara Rp 568 triliun (kurs Rp 14.200) dengan Altimeter yang merupakan perusahaan akuisisi tujuan khusus atau Special Purpose Acquisition Company (SPAC) dilansir dari Reuters, Kamis (2/12/2021).

Melalui merger tersebut, Grab mendapatkan dana segar US$ 4,5 miliar atau setara Rp 63,9 triliun, termasuk suntikan modal dari Altimeter pada April lalu sebesar US$ 750 juta.

Baca juga :

Di belakang Grab, sejumlah unicorn potensial dari beberapa negara memilik rencana yang sama untuk listing di New York. Adapun GoTo yang merupakan perkawinan Gojek dan Tokopedia, berencana melakukan IPO di dalam negeri pada 2022 setelah menyelesaikan penggalangan dana pribadi senilai US$ 2 miliar.

Ruang bisnis Grab dalam ranah pengiriman makanan dan layanan keuangan masih cukup besar di Asia Tenggara. Sebab secara geografis kawasan ASEAN memiliki 655 juta populasi dari kalangan muda yang haus atas perkembangan teknologi sebagai terobosan menyelesaikan masalah di masyarakat. Diperkirakan, nilai ekonomi internet Asia Tenggara juga akan meningkat dua kali lipat menjadi US$ 360 miliar pada tahun 2025. []