Omicron Menginfeksi 13 Pesepak Bola Klub Portugal

0
Belenenses SAD
Belenenses SAD. (Foto: Pelopor.id/Twitter Belenenses SAD)

Pelopor.id – Institut Kesehatan Nasional Portugal (INSA) pada Senin (29/11/2021) mengumumkan bahwa 13 pesepak bola di klub Liga Portugal, Belenenses SAD terinfeksi virus Covid-19 varian Omicron.

Laman olahraga Spanyol, as.com melaporkan, bahwa varian baru ditemukan setelah Belenenses memainkan pertandingan Primeira Liga melawan Benfica pada akhir pekan lalu. Diduga, Omicron ditularkan oleh satu orang yakni pemain Belenenses yang dilaporkan baru kembali dari Afrika Selatan baru-baru ini.

“Tes preliminer yang dilakukan INSA menduga kuat bahwa 13 kasus yang terasosiasi dengan para pemain Belenenses SAD terkait varian Omicron yang diwaspadai,” sebut INSA dalam keterangan tertulis seperti dilansir Politico.

Pertandingan tetap dimulai walau hanya dengan 9 pemain Belenenses lantaran anggota skuad lainnya diisolasi. Hanya tujuh pemain yang kembali ke lapangan setelah turun minum. Pertandingan pun dihentikan dua menit memasuki babak kedua dengan Benfica memimpin 7-0.

“Kami semua diisolasi kecuali tim yunior yang tidak bermain pada Sabtu, 44 orang diisolasi di rumah. Dua atau tiga pemain dan dua atau tiga staf memiliki gejala, tetapi tidak ada yang terlalu serius, sisanya tidak menunjukkan gejala. Semua orang menunggu untuk mengulang tes, segera setelah otoritas kesehatan mengizinkannya,” sebut juru bicara klub, Senin (29/11/2021).

Baca Juga : 

Atas temuan varian baru tersebut, Portugal telah melarang penerbangan dari negara-negara selatan Afrika. Presiden Benfica dan Belenenses pada sebuah konferensi pers mengatakan, mereka tidak punya pilihan selain memainkan pertandingan atau berisiko dihukum karena “ketidakhadiran yang tidak dapat dibenarkan”.

Mereka menyalahkan liga dan DGS lantaran tidak membiarkan pertandingan ditunda. DGS sendiri mengatakan bahwa mereka tidak bisa memberikan tanggapan terkait pertandingan sepakbola.

Sebelumnya, bek Belenenses Cafu Phete dinyatakan positif Covid-19 setelah dirinya kembali ke Portugal pekan lalu dari jeda internasional di Afrika Selatan. []