Kekayaan Pencipta Bitcoin Disebut Tembus Ratusan Triliun

0
Ilustrasi Bitcoin. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Harga Bitcoin mencapai titik tertingginya pada bulan ini, di atas USD 68 ribu. Bahkan, ada prediksi bahwa mata uang kripto ini akan menembus USD 100 ribu jelang akhir tahun 2021. Pernahkah Anda terpikir siapa pencipta Bitcoin?

Dikutip dari Independent, Rabu (17/11/2021), sosok misterius bernama Satoshi Nakamoto dikenal sebagai pencipta Bitcoin. Kabarnya, Nakamoto memegang antara 750 ribu sampai 1 juta Bitcoin. Kekayaan bersihnya pun diperkirakan mencapai USD 73 miliar atau sekitar Rp 996 triliun.

Ia menggemakan visinya tentang mata uang digital pada 2008, yang kemudian meluncurkannya pada Januari 2009. Setelah berkolaborasi dengan developer lain selama dua tahun, Nakamoto menghilang sampai saat ini.

Suatu ketika pada 2014, muncul laporan dari Newsweek yang menyebut seseorang bernama Dorian Nakamoto sebagai pencipta Bitcoin. Namun ternyata hal itu tidak terbukti. Selain itu, Dorian juga mengeluarkan hak jawabnya dengan menyebut bahwa dia bukan pencipta Bitcoin.

Setahun kemudian, Kepolisian Federal Australia menggerebek rumah milik seorang pebisnis bernama Craig Steven Wright, yang diduga sebagai pencipta Bitcoin. Sebelumnya, Wright mendadak terkenal setelah diberitakan oleh dua media, yaitu Wired dan Gizmodo, yang menyebut kemungkinan identitas asli Wright adalah Satoshi Nakamoto.

Wright sendiri adalah seorang warga negara Australia berprofesi wiraswasta, ahli komputer, dosen dan seorang yang memiliki banyak gelar akademik. Namun pada 2019, Wright mengaku sebagai pencipta Bitcoin dan mengancam akan memperkarakan pihak yang menyebutnya sebagai pembohong. []

Baca juga: Dukung Uang Kripto, Wali Kota New York Ingin Gaji Bitcoin