Ridwan Kamil Pantau Perkembangan Proyek MNC di Lido

0
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika meresmikan Creative Center Kota Bogor, Mei 2021. (Foto: Pelopor/Instagram @ridwankamil)

Pelopor.id | Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus memantau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, yang merupakan KEK pertama di Jawa Barat.

“Wajib menunjukkan ada progres. Jadi harusnya dalam dua atau tiga tahun, 10 persen total pembangunan itu harus terwujud secara nyata,” kata Ridwan Kamil di Lapangan Gasibu, Bandung, Jumat (22/10/2021).

Untuk diketahui, kawasan MNC Lido City mendapat persetujuan Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata (KEK Pariwisata), tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido.

Baca juga: Nama Ganjar Pranowo Melejit di Survei Terbaru, Bambang Pacul Sebut itu Hanya Potret

Setelah menyandang status KEK, badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City akan mendapat kemudahan perizinan, termasuk soal rencana membangun taman bermain sekelas Disneyland dan Universal Studio di dalamnya.

Selain itu, badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City juga bisa menikmati berbagai kemudahan dan fasilitas insentif perpajakan sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 237/PMK.010/2020. Beberapa di antaranya adalah insentif pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah, bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

Tidak hanya taman bermain, saat ini MNC Group juga sedang membangun pusat produksi film dan sinetron bernama Movieland, yang ditargetkan beroperasi tahun depan. Sebelumnya, MNC telah memiliki dua fasilitas produksi di Jakarta, yaitu di Kebon Jeruk dan Kebon Sirih. []