Anggota DPR: Bansos Dipermainkan Wajar Risma marah

0
Kunjungan kerja Menteri Sosial Tri Rismaharini, Anggota DPR dan DPD RI di Bangkalan
Kunjungan kerja Menteri Sosial Tri Rismaharini, Anggota DPR dan DPD RI di Bangkalan. (Foto:Pelopor.id/Kemensos)

Pelopor.id – Anggota DPR RI daerah pemilihan Jawa Timur Ahmad Nawardi menyatakan, sikap tegas Menteri Sosial Tri Rismaharini (Mensos Risma) merupakan hal yang wajar dalam menyikapi kenakalan oknum petugas lapangan yang tidak bekerja maksimal dalam penyaluran bantuan. Menurutnya, Mensos Risma hanya ingin bantuan diterima masyarakat dengan lancar dan tidak tersendat karena perilaku oknum yang tidak baik.

“Hal yang wajar jika Mensos Risma marah. Karena mengetahui bantuan untuk masyarakat yang menderita dan susah ternyata dipermainkan. Hal sebaliknya jika berjalan lancar pasti Mensos akan senang,” tutur senator yang pernah mengenyam dunia jurnalis tersebut berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Pelopor.id, Minggu, 17 Oktober 2021.

“Hal yang wajar dan biasa karena amarahnya dipicu oleh hal yang tidak benar. Jika benar pasti baik-baik saja. Sayangnya memang ada pihak pihak yang sengaja mengolah isu tersebut menjadi hal negatif.”

Ahmad Nawardi berpendapat, kinerja Mensos Risma sejauh ini sangat bagus. DPD pun yang bertugas melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah melihat bahwa Risma bekerja keras untuk memastikan berbagai persoalan sosial yang terjadi di tengah masyarakat terselesaikan, termasuk penyaluran bantuan sosial.

“Selama ini DPD aktif melakukan pengawasan terhadap kinerja para menteri. Nah di Kementerian Sosial kami melihat kinerja Bu Risma sangat bagus. Terus turun ke masyarakat untuk memastikan tidak ada persoalan dalam tupoksinya. Termasuk dalam penyaluran bansos atau lainnya,” tegas Ahmad Nawardi.

Kunjungan kerja Menteri Sosial Tri Rismaharini, Anggota DPR dan DPD RI di Bangkalan
Kunjungan kerja Menteri Sosial Tri Rismaharini, Anggota DPR dan DPD RI di Bangkalan. (Foto:Pelopor.id/Kemensos)

Ahmad Nawardi juga mengakui, DPD menerima banyak laporan tentang potongan bantuan sosial atau penyelewengan. Hal tersebut telah disampaikan kepada Mensos dan langsung ditindaklanjuti dengan pengecekan ke lapangan.

“Banyak laporan yang kita terima tentang potongan bansos atau penyelewengan dan kita sampaikan Bu Mensos. Dan selalu direspon dengan tindakan cepat. Oleh karena itu, kami sangat apresiasi Bu Mensos dalam bekerja,” tandas Ahmad Nawardi.

Hal senada disampaikan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Muhamad Ali Ridho. Menurutnya, sejauh ini DPR RI khususnya Komisi 8 menjadi mitra kritis bagi Kementerian Sosial. Meski demikian diakui oleh Muhamad Ali Rido bahwa kerja Mensos Risma sangat baik. Terkait amarah Mensos Risma, Muhamad Ali Rido tidak mempermasalahkan.

“Hal yang wajar dan biasa karena amarahnya dipicu oleh hal yang tidak benar. Jika benar pasti baik-baik saja. Sayangnya memang ada pihak pihak yang sengaja mengolah isu tersebut menjadi hal negatif,” kata politisi senior Golkar asal Madura tersebut.

Muhamad Ali Rido juga menyampaikan Komisi 8 akan terus mendukung langkah Mensos Risma dalam menjalankan tugas-tugasnya terutama dalam menuntaskan penyaluran bantuan sosial.

“Kita akan dukung kerja Bu Risma. Dan tidak ada masalah sejauh ini,” sebut Muhamad Ali Rido. []