TNI AD Gelar FGD Memajukan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi

0
TNI AD Staf Ahli Kasad menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertema “Peranan Komsos Satkowil Dalam Memajukan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. (Foto: Pelopor/Dispenad)

Pelopor.id | Jakarta – TNI AD melalui Staf Ahli Kasad menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema “Peranan Komsos Satkowil Dalam Memajukan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” di Gedung AH Nasution Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Senin (20/09/2021). 

Dalam sambutannya, Koorsahli Kasad yang diwakili Kasahli Kasad TK. III Bidang Komsos Mayjen TNI Tri Yuniarto mengatakan, saat ini kesejahteraan masyarakat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mendukung terbentuknya stabilitas negara. Sejumlah permasalahan kompleks yang kini dihadapi bangsa Indonesia, salah satunya pandemi, tidak hanya menghantam dari segi persoalan kesehatan, tetapi juga memperburuk situasi perekonomian global.

Baca juga: Tiga Strategi TNI Dukung Pemerintah Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

“Dampak pertama melemahnya konsumsi rumah tangga atau daya beli, dampak kedua pandemi Covid-19 menimbulkan adanya ketidakpastian kapan akan berakhir sehingga bidang investasi juga ikut melemah dan berimplikasi terhadap berhentinya sebuah usaha, sedangkan dampak yang ketiga yakni pelemahan ekonomi sehingga menyebabkan harga komoditas turun,” ungkap Mayjen TNI Tri Yuniarto.

Tri Yuniarto menambahkan, akibat dampak itu, pemerintah telah melakukan tindakan cepat diantaranya program vaksinasi, program pemulihan ekonomi nasional, BLT dan bantuan modal usaha UKM/UMKM. Namun demikian, berbagai upaya yang dilakukan belum cukup untuk mengembalikan kondisi ekonomi nasional sesuai yang diharapkan. 

Baca juga: TNI-Polri Pastikan PON XX Papua Tanpa Gangguan KKB

Perlu dukungan dari semua pihak, terutama TNI dan jajarannya, sebagai salah satu sumber daya yang terlatih dan teruji, yang terbukti selalu hadir dalam mengatasi berbagai persoalan masyarakat melalui program Binter (pembinaan teritorial).

Kegiatan ekonomi yang diperlukan saat ini adalah kegiatan ekonomi kreatif yang mampu beradaptasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat era teknologi 4.0 yang mengarah pada otomasi dan pertukaran data terkini secara mudah dan cepat mencangkup sistem siber-fisik, internet of things, komputasi awan (cloud computing) dan komputasi kognitif.

Baca juga: TNI AD Terima Hibah Ambulance dan Alat kesehatan

“Peran Komsos Satkowil dalam memajukan ekonomi kreatif berbasis teknologi dengan mempertimbangkan peran Kodam secara signifikan bagi suksesnya program peningkatan kesejahteraan masyarakat perlu dibuat kajian dengan melibatkan berbagai institusi terkait baik  Kemenko Ekonomi, Kemenparekraf, Ster Mabes TNI, Sterad, Pusterad dan para Kotama/Kodam,” kata Mayjen TNI Tri Yuniarto. 

Kegiatan FGD yang diselenggarakan sehari dengan berpedoman pada protokol kesehatan, dihadiri narasumber Kemenko Ekonomi, Pangdam IV/Diponegoro, CEO Bukalapak dan undangan pejabat Kemenparekraf, Ster Mabes TNI, Pusterad, Sterad dan Kotama TNI AD. []