Ichon Badguitar X Uchin Stallion Rilis Single “Langkah”

0
Ichon Badguitar The Flash dan Uchin Stallion
Dua musisi Yogyakarta, Ichon Badguitar The Flash dan Uchin Stallion. (Foto:Pelopor.id/Ichon)

Pelopor.id | Jakarta – Gitaris dan penulis lagu Ichon Badguitar, resmi merilis proyek musik baru berupa single berjudul “Langkah”. Dalam karya anyarnya ini, pencabik gitar asal Yogyakarta itu menggaet vokalis Stallion, Uchin untuk membawakan tembang tersebut.

Dalam liriknya, lagu “Langkah” dari Ichon Badguitar X Uchin ini mengangkat kisah nyata mengenai persahabatan yang ditulis apa adanya. Tembang ini mulai dirangkai pada Maret 2021 dan diproduksi secara mandiri oleh Ichon.

“Lagu yang menurut beberapa vokalis lumayan rumit untuk dinyanyikan, karena memiliki 7 pola atau bagian, di mana umumnya sebuah lagu hanya memiliki 3-4 pola atau bagian saja.”

“Ide menulis lagu “Langkah” ini based on true story, lirik yang apa adanya. Ditulis bulan maret 2021,” tutur Ichon Badguitar berdasarkan keterangan tertulis Kamis, 16 September 2021.

“Setelah sekian lama menyeleksi beberapa vokalis, akhirnya menemukan seorang penyanyi yang pas untuk lagu ini, Uchin, vokalis dari Stallion, sebuah grup band rock asal Yogyakarta,” sambungnya.

Ichon Badguitar The Flash dan Uchin Stallion
Artwork lagu Langkah dari Ichon Badguitar dan Uchin. (Foto: Pelopor.id/Ichon)

Ichon menjelaskan, Uchin dipilih untuk membawakan lagu bergenre pop indie ini lantaran dinilai mampu membawakan progresi vokal dan chord yang terbilang rumit.

“Lagu yang menurut beberapa vokalis lumayan rumit untuk dinyanyikan, karena memiliki 7 pola atau bagian, di mana umumnya sebuah lagu hanya memiliki 3-4 pola atau bagian saja. Terlebih lagu ini memakai progresi chord yang unik,” ungkapnya.

Ichon sendiri dikenal publik sebagai gitaris grup band The Flash yang kerap pula menulis lagu untuk sejumlah penyanyi solo, temasuk tembang “I’m A Star” dan “Peace” yang dinyanyikan Azka Arie, “Bersyukur” dan “Rindu” (Naura Arie), serta “Rock n’ Roll Saja” (Andi Jabrik), dan lain-lain.

Dalam proses produksinya, tembang Langkah direkam dan diaransemen oleh Ichon sendiri. Bahkan, pemain gitar kelahiran Yogyakarta, 26 November 1982, itu harus mengoperatori sendiri proses mixing dan mastering.

Saat ini, lagu “Langkah” milik Ichon Badguitar X Uchin sudah dapat didengarkan melalui platform pemutar musik digital, mulai 30 Agustus 2021.

Rencananya, video klip tembang ini juga akan diluncurkan dalam waktu dekat dalam format film pendek. []