Jangan Install 8 Aplikasi Ini di Ponsel Android Kamu

Kejahatan Siber
Ilustrasi - Kejahatan Siber. (Foto: pelopor.id/pixabay)

Pelopor.id | Jakarta – Peneliti keamanan siber memberikan peringatan adanya delapan aplikasi Android yang dapat meretas akun pengguna ponsel. Apabila mengunduh aplikasi tersebut maka pengguna memberi akses kepada hacker ke akun Facebook, WhatsApp dan Instagram milik Anda.

Jenis malware tersebut bersembunyi dalam aplikasi palsu yang menawarkan kupon gratis dan polling sepak bola. Para peneliti dari zLbs Zimperium di Texas, Amerika Serikat (AS) menyebut aplikasi yang terinfeksi dengan software berbahaya “Flytrap”, memikat korban dengan janji palsu kode kupon gratis dan polling sepak bola

“Flytrap biasanya menginfeksi ponsel dengan bersembunyi di dalam aplikasi yang terlihat tidak berbahaya,” demian kata tim peneliti seperti dikutip dari The Sun, Rabu, 18 Agustus 2021.

Bacaan Lainnya

Ketika masuk, malware membajak seluruh akun Facebook yang tersimpan pada perangkat ponsel. Dari situ, hacker dapat mengumpulkan informasi pribadi termasuk ID Facebook Anda, lokasi, alamat email, dan lainnya. Menurut Zimperium, FlyTrap telah menyerang setidaknya 140 negara sejak Maret 2021 dan telah menyebar ke lebih dari 10.000 korban.

Google telah menghapus 9 aplikasi tersebut dari toko aplikasi resminya, tapi tetap tersedia di situs web pihak ketiga. “Zimperium Labs melaporkan temuan tersebut ke Google, telah diverifikasi dan sudah dihapus dari Google Play store.”

“Namun, aplikasi berbahaya masih tersedia di repositori aplikasi pihak ketiga yang tidak aman, menyoroti risiko aplikasi yang dialihkan ke titik akhir seluler dan data pengguna,” kata Zimperium.

Berikut 8 aplikasi yang berisi malware yang dapat membahayakan akun Facebook Anda.

Baca Juga :   Spesifikasi Lengkap Infinix Zero X

1.GG Voucher

2. Vote European Football

3. GG Coupon Ads

4. GG Voucher Ads

5. GG Voucher

6. Chatfuel

7. Net Coupon

8.EURO 2021 Official

[]

Baca juga: 5 Cara Melindungi SIM Card dari Pencurian Data

Baca juga: 5 Cara Amankan Ponsel dari Serangan Kejahatan Siber 

Pos terkait