Profil Lionel Messi Mantan Bintang FC Barcelona

0
Lionel Messi Mantan Bintang FC Barcelona. (Foto: Pelopor/Instagram @leonelmessi0fficial)

Pelopor.id | Pemain sepakbola dunia Lionel Messi resmi meninggalkan klubnya, Barcelona, setelah tidak memperpanjang kontraknya yang terganjal regulasi LaLiga soal pembatasan gaji. Messi bergabung dengan Barcelona mulai tahun 2000, ketika usianya saat itu masih 13 tahun. 

Pria bernama lengkap Lionel Andres Messi ini lahir di Rosario, Argentina, pada 24 Juni 1987. Ia mulai menggemari sepakbola di usia 5 tahun yang diajarkan langsung oleh ayahnya, Jorge Horacio Messi. Pada tahun 1995, Messi bergabung dengan klub asal Argentina, Newell’s Old Boys, dan langsung menjadi bagian penting dalam skuad dari klub tersebut. 

Baca juga: Punya 300 Juta Pengikut di Instagram, Cristiano Ronaldo Paling Berpengaruh di Dunia

Di usianya yang ke-11, Messi didiagnosis menderita penyakit defisiensi hormon pertumbuhan atau kekurangan hormon, sehingga pertumbuhan menjadi lambat dibanding anak-anak lain seusianya. Salah satu klub besar di Argentina, River Plate, sebenarnya ingin merekrut Messi. Namun, mereka tidak mau membayar biaya perawatannya yang membutuhkan USD 900/bulan.

Akhirnya Messi mendapatkan harapan, setelah anggota keluarganya di Catalan, Spanyol, memberitahukan kepada direktur olahraga Barcelona saat itu, Carles Rexach, tentang bakat bermain sepakbola Lionel Messi. Rexach pun terpesona dan langsung menawari Messi kontrak yang tertulis di atas serbet.

Pada usia 13 tahun, Messi mencoba peruntungannya di Barcelona dan bergabung di Barcelona U-14. Dengan bakatnya yang luar biasa, Messi berhasil masuk tim utama Barcelona dalam waktu singkat. Pada musim 2008/09, Messi menjadi pemain top Barcelona dan berkontribusi besar dalam meraih treble. Messi juga mencetak gol di ajang final Copa Del Rey dan Champions League. 

Baca juga: Konami Suntik Mati Game Sepakbola PES

Sepanjang karirnya di Barcelona, Messi menjadi pemain dengan kontribusi terbesar dalam sejarah klub sepakbola itu, karena mampu mengangkat 35 trofi. Selain itu, Messi telah tampil untuk Barcelona lebih dari 700 penampilan, dan mencetak 643 gol, menyamai rekor gol Pele. 

Selain meraih banyak prestasi bersama klub, Messi juga memiliki segudang prestasi individu, seperti enam penghargaan Ballon d’Or, enam kali pencetak gol terbanyak Champions League, enam kali pemenang sepatu emas, delapan kali ‘Pichichi’ atau pencetak gol terbanyak di La Liga, pemenang Ballon d’Or di Piala Dunia 2014, pemain terbaik dunia FIFA tahun 2009, dan Pemenang FIFA The Best tahun 2019. []