Tito Karnavian Minta Pemda Bentuk Tim Tracing Covid-19

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah). (Foto: Pelopor/Kemendagri)

Pelopor.id | Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (pemda) membentuk tim tracing untuk melacak penularan Covid-19. Menurut Mendagri, tugas tracing perlu didukung dengan membentuk tim khusus yang perannya hanya melacak penularan. Pelacakan itu dilakukan dengan menelusuri orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

“Saya ingin melihat nanti pemda mana yang sukses membuat seperti itu,” ujar Mendagri saat memberi keterangan pers usai melakukan Rapat Koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kota Tangerang, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Tito Karnavian: Papua Gunakan PPKM level 4 dan 3, Istilah Lockdown Bikin Masyarakat Bingung

Bacaan Lainnya

Selain menangani pandemi, pembentukan tim ini juga dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Menurut Tito, hal ini dapat melibatkan masyarakat yang memiliki ijazah setara SMA untuk direkrut dalam tim tersebut.

Baca juga: Tito Karnavian: Penegakan Hukum PPKM Harus Tegas, Tapi Humanis dan Manusiawi

Sebelum terjun ke lapangan, mereka diberikan pelatihan singkat terkait cara melacak sehingga mereka memiliki keahlian. Mendagri menyebutkan, beberapa negara sudah membuka lowongan kerja semacam ini, yaitu sebagai pelacak penularan Covid-19.

Mendagri menjelaskan, pekerjaan melacak penularan Covid-19 perlu dilakukan oleh tim khusus yang tidak mengemban tugas lain. Saat ini, tugas tersebut masih dikerjakan oleh puskesmas, dan juga TNI, Polri, serta Babinsa sebagai tugas tambahan. Alangkah lebih baik jika seluruh pemerintah daerah membentuk tim tracing penularan Covid-19. []

Baca Juga :   Salat Id di MBS, Muhadjir Effendy Sorot Krisis Pangan, Energi, dan Pandemi

Pos terkait