Akhiri Polemik Rangkap Jabatan, Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari BRI

0
Ari Kuncoro
Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro. (Foto:Pelopor/UI)

Pelopor.id | Jakarta – Demi mengakhiri polemik rangkap jabatan yang tengah hangat dibicarakan masyarakat, Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai wakil komisaris utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk.

Pengunduran diri alumnus Fakultas Ekonomi UI angkatan 1981 yang satu angkatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani ini diketahui melalui keterbukaan informasi yang disampaikan bank pelat merah itu kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Pengunduran diri Sdr Ari Kuncoro dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan. Tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional emiten atau perusahaan publik,”

Sebelumnya, Ari Kuncoro dibolehkan rangkap jabatan oleh Presiden Joko Widodo lewat peraturan pemerintah yang baru diterbitkan, yakni PP No. 75 tahun 2021 tentang Statuta UI.

“Pengunduran diri Sdr Ari Kuncoro dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan. Tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional emiten atau perusahaan publik,” sebut Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto melalui keterangan tertulis Kamis, 22 Juli 2021.

Ari Kuncoro
Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro. (Foto:Pelopor/Wikipedia)

Ari Kuncoro merupakan suami dari Kepala Lembaga Penjamin Simpanan Lana Soelistyaningsih. Ari lulus sarjana dengan konsentrasi ekonomi moneter juga menyandang gelar master of arts dari University of Minnesota serta Ph.D bidang ilmu ekonomi dari Brown University, Amerika Serikat.

Dia terpilih sebagai Rektor UI periode 2019-2024 melalui hasil pemungutan suara (voting) oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UI di Kampus UI Depok, pada Rabu 25 September 2019 mengalahkan dua kandidat kuat lainnya, yaitu Prof. Abd Haris dan Prof. Budi Wiweko.

Ari Kuncoro diangkat sebagai Komisaris Independen melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BRI yang digelar pada Selasa, 18 Februari 2020, bersamaan dengan perombakan pengurus lainnya. []