Dianggap Hina Indonesia, Drakor ‘Racket Boys’ Banjir Kecaman dari Netizen

2
Drama Korea 'Racket Boys'. (Foto: Pelopor/Instagram @sbsdrama.official)

Pelopor.id | Drama korea (drakor) milik SBS, Racket Boys, saat ini sedang menjadi sorotan akibat episode 5 yang tayang pada 14 Juni 2021 dianggap menghina Indonesia. Dalam episode itu, ada adegan salah satu atlet junior dari Korea, Han Se Yoon, yang bertanding di Jakarta melawan atlet junior Indonesia.

Sehari sebelum pertandingan dimulai, pelatih Han Se Yoon mengeluhkan bahwa penyelenggara Indonesia sengaja memberi tempat penginapan dan tempat berlatih yang tidak layak untuk tim Korea. 

Adegan berikutnya ketika hari pertandingan dimulai, Han Se Yoon melawan Ivana Putri, atlet asal Indonesia. Saat pertandingan berlangsung, ada adegan Han Se Yoon gagal mendapatkan poin, dan suporter Indonesia terlihat mengejek atlet Korea tersebut. Akhirnya, tim Indonesia digambarkan kalah telak dari Korea. Namun, ketika Han Se Yoon berjalan melewati bangku penonton, suporter Indonesia digambarkan bersikap tidak suportif.

Drama Korea ‘Racket Boys’. (Foto: Pelopor/Instagram @sbsdrama.official)

Baca juga: Viral Video Matahari Terbit dari Utara, Ini Kata BMKG

Melihat adegan itu, netizen Indonesia bereaksi keras dan ramai-ramai menyerang kolom komentar akun resmi Instagram @sbsdrama.official. Mereka menyatakan kekecewaan dan menuntut permohonan maaf dari SBS. Bahkan, ada yang menyatakan tidak akan menonton drakor Racket Boys, meskipun ia adalah pecinta drakor. 

“Saya pecinta drama korea, tapi saya tidak akan menonton drama korea yang satu ini. Terlalu menyakitkan dengan menjelek-jelekkan Indonesia.” seperti ditulis akun @tanto_wiguna. 

Meskipun SBS sudah menyatakan permohonan maaf, netizen Indonesia tetap melancarkan serangannya dan meminta SBS menghentikan penayangan Racket Boys. Akibat kejadian ini, rating drakor itu terjun bebas dan judulnya disitus IMDb juga sempat berubah menjadi ‘Racket Racist’. Peristiwa ini pun ramai diberitakan di media setempat Korea Selatan. []

Baca juga: Agnez Mo Buka Klinik Vaksin Covid-19 Gratis di Kawasan Ancol